BREAKING NEWS
 

Fungsi Masjid Nabi (18):

Pertunjukan Seni (2)

Rabu, 31 Maret 2021 05:00 WIB
Nasaruddin Umar
Tausiah Politik

RM.id  Rakyat Merdeka - 4. Dalam kitab Ihya’ ’Ulumuddin karya monumental Imam Al-Gazali ada suatu bab khu­sus tentang pentingnya seni dalam Islam. Ia mendasar­kan pandangannya pada beberapa event penting pada masa Rasulullah selalu diisi dengan seni musik, seperti membiarkan orang melantunkan nyanyian dan syair ke­tika menunaikan ibadah haji.

Baca juga : Fungsi Masjid Nabi (18): Pertunjukan Seni (1)

Ketika prajurit melangsungkan peperangan, dilantunkan tembang-tembang perjuangan untuk memoti­vasi prajurit di medan perang.

Adsense

Baca juga : Mengenal Siyasah Syar`iyyah

Nyanyian yang dilantunkan mera­sakan kesedihan karena dosa yang telah diperbuat, seperti dikutip Nabi Adam dan Nabi Dawud menan­gisi dosa dan kekeliruannya dengan ungkapan-ungkapan khusus.

Baca juga : Fungsi Masjid Nabi (17): Rumah Perdamaian (2)

Nyanyian untuk mengiringi acara-acara kegembiraan seperti suasana Hari Raya, hari perkawinan, acara ‘aqiqah dan kelahiran anak, acara khitanan, pulangnya para perantau, dan khataman Al-Qur’an.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tags :

Berita Lainnya
 

TERPOPULER

Adsense