Dark/Light Mode

Membangun Peradaban Berbasis Masjid (6)

Fungsi Masjid Nabi (18): Pertunjukan Seni (1)

Selasa, 30 Maret 2021 05:00 WIB
Nasaruddin Umar
Nasaruddin Umar
Tausiah Politik

RM.id  Rakyat Merdeka - Mungkin su­lit dibayangkan di masyarakat kita, kalau masjid Nabi digunakan sebagai tempat melakukan pertunjukan seni untuk menghibur masyarakat. Apalagi mengundang kelom­pok seniman yang membawa serta peralatan seninya lalu dimainkan di masjid.

Akan tetapi ini fakta dan diriwayatkan oleh hadis-hadis shahih. Banyak hadis menerangkan bahwa musik dan seni suara mempunyai arti penting dalam kehidupan manusia. Para Nabi yang diutus oleh Allah Swt semuanya memiliki suara yang bagus, sebagaimana hadis Rasulullah yang diriwayatkan oleh Tirmizi dan Qatadah: Allah tidak mengutus seorang nabi melainkan suaranya bagus.

Baca juga : Mengenal Siyasah Syar`iyyah

Dalam beberapa riwayat, Rasulullah memberikan dukungan terhadap musik dan seni suara dan tidak melarangnya secara general, seperti diketahui dalam sikap beliu sebagai berikut:

1. Hadis riwayat Bukhari dan Muslim dari ‘Aisyah yang menceritakan dua budak perempuan pada hari raya ‘Id (Idul Adha) menampilkan kebolehannya bermain musik dengan menabuh rebana, sementara Nabi dan Aisyah menikmatinya. Tiba-tiba Abu Bakar datang dan membentak kedua pemusik tadi, lalu Rasulullah menegur Abu Bakar dan berkata: “Biarkanlah mer­eka berdua hai Abu Bakar, karena hari-hari ini adalah hari raya”.

Baca juga : Fungsi Masjid Nabi (17): Rumah Perdamaian (2)

2. Hadis riwayat Bukhari dan Muslim dari ‘Aisyah yang mengatakan: “Saya melihat Rasulullah Saw dengan menu­tupiku dengan surbannya sementara aku menyaksikan orang-orang Habsyi ber­main di mesjid. Lalu Umar datang dan mencegah mereka bermain di mesjid, kemudian Rasulullah berkata: “Biarkan mereka, kami jamin keamanan wahai Bani Arfidah”.

3. Dalam riwayat Muslim dari ‘Aisyah disebutkan kelompok seni­man Habasyah itu menampilkan seni tari-musik pada hari Raya ‘Id di masjid. Rasulullah memanggil ‘Aisyah untuk menyaksikan pertunjukan itu, kepala ‘Aisyah diletakkan di pundak Nabi sehingga ‘Aisyah dapat menyaksikan pertunjukan tersebut. (Bersambung)

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.