Dark/Light Mode

Mengapa Pesantren Begitu Penting?

Selasa, 23 Maret 2021 05:00 WIB
Nasaruddin Umar
Nasaruddin Umar
Tausiah Politik

RM.id  Rakyat Merdeka - Dalam era krisis Covid-19, pemer­intah menaikkan anggaran Pondok Pesantren (PP), sementara di sek­tor lain diturunkan. Ironisnya, nyaris tidak muncul protes di dalam masyarakat. Tahun lalu, pemerin­tah bersama DPR menetapkan Undang- Undang Nomor 18 tahun 2019 tentang Pesantren. Mengapa sedemikian pent­ing PP? Ada apa dan ada siapa sebet­ulnya di PP?

Baca juga : Jadi Balai Pengobatan (2)

Pesantren merupakan lembaga pen­didikan yang berbasis masyarakat dan didirikan dan dikelola oleh perseoran­gan, yayasan, organisasi masyarakat Islam yang menanamkan keimanan dan ketakwaan kepada Allah SWT, menjun­jung tinggi akhlak mulia, dan meme­gang teguh ajaran Islam moderat atau biasa disebut rahmatan lil’alamin.

Baca juga : Fungsi Masjid Nabi (15): Jadi Balai Pengobatan (1)

Karakteristik komunitas PP tercer­min dari sikap tawadhu, toleran, mod­erat, dan menghargai nilai-nilai luhur bangsa yang tentunya sesuai dengan spirit ajaran Islam yang menghargai kearifan lokal. Komunitas PP juga selalu aktif membela dengan penuh ketulusan kelangsungan NKRI.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.