BREAKING NEWS
 

Perhatikan Strategi Ini Saat Mulai Bisnis Online

Reporter : FAJAR EL PRADIANTO
Editor : OKTAVIAN SURYA DEWANGGA
Senin, 26 September 2022 12:57 WIB
Foto: Ist.

RM.id  Rakyat Merdeka - Di era modern seperti sekarang seluruh pelaku usaha berskala mikro kecil dan menengah (UMKM) harus memanfaatkan bisnis online.

Sebelum memulai bisnis online perhatikan dulu strateginya Kepala Bidang Perindustrian Kabupaten Pangkajene dan Kepulauan Dahmia mengatakan, sebelum UMKM lokal beralih go digital, ada beberapa hal yang harus disiapkan oleh pelaku UMKM tersebut.

Setelah ide bisnis untuk memulai UMKM diperoleh, langkah selanjutnya adalah mengenali target pembeli atau pelanggan. Di saat yang sama, pelaku UMKM harus memetakan profil kompetitor di bidang yang sejenis.

Berikutnya adalah memberikan pelayanan yang optimal kepada pelanggan dan memperluas jaringan sembari rajin mempromosikan produk barang/jasa UMKM tersebut.

Baca juga : Sandiaga Yakin Bisa Kurangi Pengangguran 

Apabila UMKM lokal berhasil go digital, maka akan ada beberapa manfaat yang diperoleh. Seperti terciptanya efisiensi lantaran biaya operasional lebih murah, jangkauan pemasaran yang lebih luas, dan akan tampak lebih profesional.

"Dengan demikian, pertumbuhan UMKM tersebut semoga bisa lebih cepat,” ujarnya dalam webinar bertema Transformasi Digital untuk Pelaku UMKM Lokal Go Global, yang digelar Kementerian Komunikasi dan Informatika bersama Gerakan Nasional Literasi Digital (GNLD) Siberkreasi, di Makassar, dikutip Senin (26/9).

Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kabupaten Pangkajene dan Kepulauan Sulfida memberikan tips bagi pelaku UMKM untuk meningkatkan daya saing produk barang dan jasa mereka di pasar global.

Adsense

Ia yakin, pelaku usaha bisa bertahan dan maju di tengah ketatnya persaingan. Caranya harus mampu menciptakan sesuatu yang unik.

Baca juga : Pengamat: Sindir Jokowi, Strategi AHY Naik Kelas

Terutama, dari sisi produk yang unik, lalu masif memasarkan secara online. "Ingat juga kita harus selalu mengikuti tren yang sedang berkembang," katanya.

Di saat yang sama, pelaku UMKM harus senantiasa berinovasi dan melayani pelanggan sebaik mungkin. Tips terakhir adalah tetap belajar bagaimana mengelola bisnis dengan tepat.

“Tantangan agar UMKM lokal bisa go global memang tidak mudah, khususnya di wilayah-wilayah terpencil," ucap Sulfida.

Selain masih minimnya pengetahuan tentang manfaat transformasi digital pada sebagian pelaku UMKM, dibutuhkan pengembangan sumber daya manusia. Serta fokus pada kompetensi pelaku UMKM agar literasi digital mereka menjadi lebih baik.

Baca juga : Tantangan Energi Butuh Solusi Multi Dimensi

"Selain itu, dibutuhkan penguatan infrastruktur digital hingga ke pelosok-pelosok,” ucap Sulfida.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tags :

Berita Lainnya
 

TERPOPULER

Adsense