BREAKING NEWS
 

Saking Girangnya Punya Pipa Air Bersih, Emak-Emak Kamal Muara Jawil Pipi Anies

Reporter & Editor :
FIRSTY HESTYARINI
Kamis, 30 Juni 2022 18:09 WIB
Gubernur DKI Anies Baswedan, dijawil emak-emak di sela acara Ground Breaking Penanaman Jaringan Pipa Distribusi Kamal Muara Tahap 2, Kamis (30/6). (Foto: Facebook).

RM.id  Rakyat Merdeka - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan kini tengah bersuka cita. Larut dalam kegembiraan warga Kamal Muara Jakarta Utara, yang telah puluhan tahun membeli air di jeriken atau menadah air hujan. 

Hak dasar mereka memperoleh air bersih kini telah terpenuhi, berkat kerja keras Anies dan jajarannya.

"Alhamdulillah, pagi ini kita hajatan di RW 01 Kelurahan Kamal Muara, mensyukuri 100 hari masuknya pipa air bersih di kawasan ini," kata Anies di sela acara Ground Breaking Penanaman Jaringan Pipa Distribusi Kamal Muara Tahap 2, Kamis (30/6).

Kegembiraan itu juga terpancar dari wajah sumringah warga yang dikunjungi Anies. Dari foto-foto yang diposting Anies di akun Facebook-nya, mereka terlihat gembira. Anak-anak, ibu-ibu, bapak-bapak happy. 

Baca juga : Satgas Penanganan Koperasi Bermasalah Kawal Pembayaran Ganti Rugi KSP Indosurya

Mereka berebut foto bareng dengan Anies. Pipi pria berusia 53 tahun itu dijawil emak-emak. Anies pun cuma bisa mesem.

Menurut perhitungan PAM Jaya, sebelumnya warga Kamal Muara harus belanja air harian atau mingguan. Dengan total pengeluaran per bulan antara Rp 800 ribu-Rp 1 juta.

Setelah ada pipa air bersih, warga hanya bayar Rp 50 ribu sampai Rp 80 ribu per bulan.

Adsense

"Ini penghematan yang luar biasa. Biaya belanja air turun 95 persen. Ini berarti, pendapatan mereka bisa dipakai untuk kebutuhan-kebutuhan lain. Bisa untuk pendidikan anak, perbaikan rumah, dan kegiatan lainnya," tutur Anies.

Baca juga : Warga Muara Angke Mau Mandi Aja Nunggu Hujan

Dalam acara hajatan itu, Anies bersama Dirut PAM Jaya Syamsul Bachri, Wali Kota Jakarta Utara Ali Maulana Hakim dan jajaran, serta anggota DPRD DKI Jakarta Hasan Basri Umar dan Gani Suwondo, meletakkan pipa untuk pemasangan tahap lanjutan. Agar warga Kamal Muara dapat akses air bersih secara merata.

Anies menegaskan, pembangunan akses air perpipaan ini merupakan komitmen Pemprov DKI dalam pemerataan keadilan sosial, dan mengurangi penurunan muka tanah. Serta kerusakan lingkungan di Jakarta.

Saat ini, ada 11 RT di RW 01 Kelurahan Kamal Muara yang telah menikmati akses air perpipaan. Yakni RT 01, 02, 03, 04, 05, 06, 08, 09, 10, 11 dan 12.

Selain itu, juga ada 8 RT di RW 04 Kelurahan Kamal Muara yang tersambung akses air perpipaan oleh PAM Jaya, yakni RT 01 – 08.

Baca juga : Tak Ada Kaitannya Dengan IKN, Hashim Siap Sediakan Air Bersih Untuk Kaltim

Total sekitar 16.000 sambungan baru yang sudah dipasang oleh PAM Jaya, melalui proyek SPAM Hutan Kota di Kamal Muara. Jumlah ini, dipastikan akan terus bertambah.

"Semoga, masuknya jaringan PAM menjadi keberkahan bagi masyarakat Kamal Muara. Apresiasi untuk seluruh jajaran PAM Jaya, atas upayanya memastikan pipa air bersih. Menjangkau sampai ujung kampung," ucap Anies.

"Terima kasih juga atas dukungan teman-teman anggota Dewan, Pak Gani dan Pak Basri yang Dapil-nya di Kamal Muara juga. Terima kasih untuk warga Kamal Muara, yang terbuka dan mendukung kegiatan pipanisasi ini. Insya Allah, ini buat kebaikan kita, untuk kemaslahatan kita semua," pungkasnya. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tags :

Berita Lainnya
 

TERPOPULER

Adsense