BREAKING NEWS
 

Agar Dapur Tetap Ngebul Pasca BBM Naik

Angkutan Umum Di DKI Diusulin Gratis Sebulan

Reporter : DEDE ISWADI IDRIS
Editor : MARULA SARDI
Kamis, 8 September 2022 07:30 WIB
Anggota DPRD DKI Jakarta Lukmanul Hakim. (Foto: Dok. Lukmanul Hakim).

 Sebelumnya 
“Bagaimana kami menyikapi ini (kenaikan harga BBM) secara baik, tentu nanti akan ada upaya penyesuaian,” kata Riza di Jakarta, kemarin.

Selain itu, Pemprov berupaya menekan potensi kenaikan harga. Pihaknya masih membahas melalui sejumlah rapat koordinasi lintas sektor dan lembaga termasuk BUMD bidang pangan di Jakarta.

“Kami terus melakukan koordinasi dengan semua pihak. Terutama Dinas KPKP (Ketahanan Pangan, Kelautan, dan Pertanian) dan BUMD Pasar Jaya,” jelasnya.

Baca juga : Jokowi: Jangan Sampai Daya Beli Rakyat Turun

Gelontorin Bansos

Bank Indonesia (BI) mendorong Pemprov DKI segera menggelontorkan bantuan sosial (bansos) kepada masyarakat. Kebijakan tersebut dinilai sangat efektif untuk menjaga daya beli masyarakat.

“Kenaikan bahan bakar minyak (BBM) jenis pertalite ini memang diikuti oleh naiknya harga barang, ongkos angkut, bahkan transportasi umum. Kenaikan harga ini harus diimbangi dengan kemampuan masyarakat. Nah kemampuan ini yang harus tetap dijaga,” kata Deputi Kepala Perwakilan BI DKI Jakarta, Endang Kurnia Saputra (Adang) di Jakarta, kemarin.

Adsense

Baca juga : FDTJ Usul Integrasi Tarif Angkutan Umum DKI Diperluas Hingga Bodetabek

Dia menjelaskan, untuk menekan laju inflasi yang disebabkan dampak kenaikan BBM ini, cara paling efektif yakni menjaga daya beli masyarakat.

“Jika kenaikan harga masih diimbangi dengan kemampuan daya beli, Insya Allah inflasi bisa tetap terjaga,” ujarnya.

Namun demikian, Adang enggan berspekulasi tentang kenaikan inflasi akibat kenaikan harga BBM.

Baca juga : Kemenhub Permak Angkutan Umum Di Bandung Dan Medan

“Kami masih menghitung, karena tim sedang mengumpulkan data dari berbagai hasil survei langsung ke pasar. Semoga akhir minggu ini angkanya sudah ketahuan,” katanya.

Jadi Komponen UMP

Kepala Dinas Tenaga Kerja, Transmigrasi dan Energi DKI Jakarta Andri Yansyah mengatakan, kenaikan harga BBM ini akan menjadi salah satu faktor yang akan diperhitungkan dalam penentuan besaran Upah Minimum Provinsi (UMP) DKI Jakarta tahun 2023.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tags :

Berita Lainnya
 

TERPOPULER

Adsense