BREAKING NEWS
 

Diduga Halangi Swab Test Terhadap Rizieq

Satgas Covid Kota Bogor Laporkan Dirut Dan Manajemen RS UMMI Ke Polisi

Reporter & Editor :
FIRSTY HESTYARINI
Minggu, 29 November 2020 05:29 WIB

RM.id  Rakyat Merdeka - Satgas Penanganan Covid-19 Kota Bogor melaporkan Direktur Utama dan Manajemen RS UMMI Kota Bogor ke Polresta Bogor Kota, dengan dugaan menghambat dan menghalang-halangi tugas Satgas Covid-19 dalam menanggulangi penyebaran penyakit menular, Sabtu (28/11).

Ketua Bidang Penegakan Hukum dan Kedisiplinan Satgas Penanganan Covid-19 Kota Bogor Agustiansyah menjelaskan, laporan ke Polresta Bogor Kota itu bermula dari upaya swab test terhadap pentolan FPI Rizieq Shihab, yang sedang dirawat di RS UMMI Kota Bogor.

Wali Kota Bogor, Bima Arya Sugiarto mendapat kabar dari Direktur Utama RS UMMI Najamudin yang melaporkan, Muhammad Rizieq Shihab dirawat di rumah sakit tersebut.

Baca juga : Satgas Covid Ancam Terapkan Jam Malam

Bima Arya yang juga Ketua Satgas Penanganan Covid-19 Kota Bogor, kemudian menyarankan agar pihak RS UMMI melakukan swab test.

"Pihak rumah sakit menyepakati untuk melakukan tes swab terhadap Rizieq, pada Jumat (27/11) pagi," kata Bima.

Adsense

Tim dari Satgas Penanganan Covid-19 Kota Bogor dari Dinas Kesehatan pun datang ke RS UMMI, pada Jumat (27/11) siang, untuk melakukan pendampingan pelaksanaan swab test.

Baca juga : Satgas Covid: Warga Tebet, Petamburan, Dan Megamendung Harus Segera Tes PCR

"Tapi, manajemen RS UMMI yang mengatakan, Rizieq sudah menjalani tes swab pada pagi harinya," kata Kepala Satpol PP Kota Bogor, Agustiansyah seperti dilansir Antara, Sabtu (28/11).

Ia kemudian menanyakan siapa yang melakukan tes swab, bagaimana mekanismenya, kapan, dan di mana. "Pihak rumah sakit mengatakan bahwa Rizieq telah dites swab oleh dokter pribadinya dari Mer-C," kata Agustiansyah.

Pada Jumat (27/11) malam, Wali Kota Bogor bersama Kapolresta Bogor Kota dan Dandim 0606 Kota Bogor mendatangi RS UMMI menanyakan lagi perihal tes swab, karena hal itu adalah amanah dari UU Kekarantinaan Kesehatan untuk memastikan kondisi kesehatan seseorang. Agar tidak membahayakan orang lainnya.

Baca juga : Mayoritas Usaha Terdampak Covid, DKI Terapkan Kebijakan Asimetris UMP 2021

Menurut Agustiansyah, dari pihak keluarga, putra Rizieq menyampaikan bahwa, Rizieq sudah dites swab pada Jumat pagi, dan tidak bersedia untuk di tes swab ulang.

Manajemen RS UMMI menjanjikan, hasil tes swab akan keluar pada Jumat (27/11) malam pukul 23.00 WIB. Karena itu, Satgas Penanganan Covid-19 Kota Bogor, menunggu hasil swab sampai pukul 24.00 WIB. Tapi, tidak ada hasilnya.

"Dengan alasan itu, Satgas Covid-19 Kota Bogor memutuskan melaporkan Direktur Utama dan Manajemen RS UMMI ke Polresta Bogor Kota," tutur Agustiansyah. [FAQ]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tags :

Berita Lainnya
 

TERPOPULER

Adsense