BREAKING NEWS
 

Tekan Angka Covid-19,  Pemprov DKI Butuh Dukungan Masyarakat Patuhi Prokes

Reporter : FAQIH MUBAROK
Editor : FIRSTY HESTYARINI
Sabtu, 23 Januari 2021 13:11 WIB
Wakil Gubernur (Wagub) DKI Jakarta Ahmad Riza Patria. (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Wakil Gubernur (Wagub) DKI Jakarta Ahmad Riza Patria mengimbau masyarakat tak khawatir dengan ketersediaan lahan pemakaman dan ruang perawatan di Ibu Kota Jakarta. Yang lebih penting, kata Riza, adalah dukungan masyarakat meningkatkan kedisiplinan dalam penerapan protokol kesehatan (prokes) pencegahan Covid-19.

"Terkait pemakaman, memang beberapa pekan ini ada peningkatan pasien Covid-19 yang meninggal. Kami, Pemprov DKI Jakarta sudah menambah luasan pemakaman. Srengseng Sawah, Bambu Ulung, termasuk Rorotan. Sekali lagi warga Jakarta tidak perlu khawatir," ujar Wagub Ariza di Balai Kota DKI Jakarta, Jumat (22/1).

Tak hanya pemakaman, sambungnya, okupansi rumah sakit, tempat tidur, ruang ICU juga meningkat. Pemprov DKI Jakarta menyakinkan terus mengendalikan dan mengupayakan berbagai dukungan fasilitas, sarana prasarana dengan sebaik mungkin.

Baca juga : Umumkan Diri Positif Corona, Ketua Satgas Covid Doni Monardo Minta Masyarakat Tak Kendor Prokes

"Tetapi sekali lagi, kami mengupayakan prasarana, termasuk SDM yang terbaik. Solusi terbaik adalah kepatuhan, kesadaran, dan disiplin kita sebagai warga. SDM sebanyak apapun, RS sebanyak apapun, semua tidak ada artinya tanpa dukungan dari warga Jakarta," tegasnya.

Adsense

Wagub mengingatkan, kecepatan pemerintah meningkatkan berbagai fasilitas kesehatan sudah luar biasa. Tapi kecepatan penyebaran Covid-19 bisa lebih tinggi jika tanpa dukungan dari masyarakat.

"Selalu kami sampaikan, berbagai kebijakan, kampanye, aparat, sanksi, semua kontribusinya hanya 20 persen, 80 persen sisanya terletak pada kepatuhan dan kedisiplinan masyarakat. Tetap di rumah. Kalau mendesak dan genting baru keluar rumah," imbaunya.

Baca juga : Relawan Dan Korban Bencana Alam Tetap Patuhi Prokes...

Soal kebijakan PPKM pemerintah pusat, Wagub memastikan Pemprov DKI Jakarta memberi dukungan penuh.

"Kami sangat berterima kasih terkait penyamaan periodesasi PSBB. Harapan kami awalnya meminta Jakarta dan Bootabek. Ternyata pemerintah pusat menyamakan Jawa sampai Bali. Jauh lebih baik," ungkapnya.

Pihaknya juga berharap dukungan kepada Jabodetabek terutama Botabek yang selama ini sudah berjalan baik agar terus ditingkatkan. Karena selama ini 24 sampai 30 persen warga yang dirawat di rumah sakit yang ada di bawah naungan Pemprov DKI Jakarta  adalah warga non Jakarta.

Baca juga : Bamsoet Ajak Pemerintah Dan Masyarakat Bahu Membahu Atasi Bencana Alam

"Kami tentu akan memberikan dukungan pelayanan sebaik mungkin bagi siapa saja warga Indonesia. Jadi kami senang sekali pemerintah pusat membangun sinergisitas Jakarta dan Botabek," tandasnya. [FAQ]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tags :

Berita Lainnya
 

TERPOPULER

Adsense