BREAKING NEWS
 

Bursa Capres 2024, Pengamat: Warga NU Percaya Erick Thohir Pemimpin Jujur Dan Amanah

Reporter : IRANDI KASMARA
Editor : WAHYU SURYANI
Minggu, 10 April 2022 21:08 WIB
Menteri BUMN Erick Thohir/Ist

RM.id  Rakyat Merdeka - Nama Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir semakin menanjak, seiring ramainya dukungan yang dibarengi dengan peningkatan tren elektabilitasnya di beberapa lembaga survei.

Terbaru, survei Center for Strategic on Islamic and International Studies (CSIIS) menempatkan Erick Thohir masuk dalam 3 besar calon presiden (Capres) yang menjadi pilihan warga Nahdlatul Ulama (NU) pada Pilpres 2024.

Direktur Suropati Syndicate, Muhammad Shujahri mengatakan, pilihan warga Nahdliyin ke Erick memiliki dasar kuat, yakni saling percaya antara Erick dan warga Nahdliyin.

Erick juga sudah banyak turun ke lapangan dalam bekerja memimpin Kementerian BUMN. Erick juga sadar bahwa kerja-kerjanya harus ditopang oleh masyarakat. 

“Saya sangat apresiasi kemunculan nama Erick Thohir dalam survei di masyarakat Nahdliyin. Nah, ketika turun langsung ke lapangan, Erick seringkali berkontak langsung dengan warga NU. Wajar, jika kedekatan itu berlanjut karena adanya hubungan kepercayaan,” kata Shujahri saat dihubungi, Minggu (10/4).

Menurut Shujahri, Erick memberikan perhatian besar kepada NU agar bisa menjadi poros kebangkitan ekonomi nasional, melalui program dan kolaborasi antara Kementerian BUMN dan NU. 

Baca juga : Perpusnas Dukung Peningkatan Literasi Perempuan Dan Anak

Apa yang diberikan Erick dirasakan manfaatnya oleh warga Nahdliyin, sehingga tercermin dari survei CSIIS bahwa salah satu figur dari kelompok Nahdliyin yang diharapkan bisa memimpin bangsa ini ke depan adalah Erick Thohir. 

“Warga NU percaya Erick adalah pemimpin yang jujur dan amanah,” ucapnya.

Menurut Shujahri, suara NU adalah salah satu faktor determinan di pemilihan manapun di Indonesia. Bahkan, Presiden Joko Widodo di 2019 berhasil memenangkan Pilpres karena salah satu dukungan kuat dari warga NU.

“Mendapat atensi dari warga NU itu sudah angin segar bagi siapapun calon pemimpin nasional,” ucapnya.

Terkait kemunculan Erick di survei ini, menandakan bahwa inklusivitaa warga NU terhadap sosok kepemimpinan nasional sangat besar. 

Adsense

“Selain itu saya lihat di medsos, Erick juga sering berkunjung silaturahmi ke pesantren-pesantren,” jelasnya.

Baca juga : Wujudkan Impian Warga Sumsel, Erick Thohir Dorong Pembangunan Pelabuhan Samudera

Menurut Shujahri, Erick yang juga anggota kehormatan Banser itu bisa jadi role model di kalangan NU. Erick dinilai salah satu tokoh yang sukses, baik dari kepribadian, bisnis maupun saat menjabat sebagai Menteri BUMN. 

Shujahri juga melihat performa kinerja Erick positif selama memimpin BUMN. Erick juga dipandang sebagai pemimpin yang berhasil dalam setiap tugas yang diberikan Presiden Jokowi. 

Menurutnya, di zaman Erick Thohir ini BUMN yang tidak menguntungkan secara signifikan, konsekuensinya kalau tidak merger ya dibubarkan. 

Kecuali BUMN yang berorientasi service public. Selain itu, penugasan khusus dari presiden juga Erick cukup responsif dan memuaskan kinerjanya. Seperti Komite Penanganan Covid dan Pemulihan Ekonomi Nasional.

Selain berprestasi, lanjut Shujahri, gagasan Erick senapaa dengan komitmen NU untuk penguatan ekonomi umat dan pesantren. Upaya kolaborasi, program dan gagasan itu diterima baik oleh kelompok Nahdliyin.

Selain itu, Erick yang juga Ketua Umum Masyarakat Ekonomi Syariah (MES) itu, mengerti bagaimana membangun basis ekonomi mandiri. Itu sejalan dengan tradisi warga NU yang juga dikenal punya banyak inisiatif kemandirian ekonomi di masing-masing wilayah, hingga di tiap pesantren. Sementara, Direktur Riset CSIIS Ali Muhtarom mengatakan, salah satu alasan kuat Erick disukai oleh warga NU adalah program-program dan bantuan Kementerian BUMN dirasakan langsung oleh masyarakat (Warga NU).

Baca juga : Jangan Gampang Berkesimpulan Deh

Beberapa program yang secara khusus diarahkan dalam pengembangan NU, seperti Perstashop, santri magang, pembuatan badan usaha milik NU tersebut memang bisa dikatakan sebagai bentuk perhatian Erick pada NU.

“Otomatis akan berdampak pada elektabilitas Erick Thohir, yaitu pengaruh dukungan dari Nahdliyyin,” kata Ali, Minggu (10/4).

Dijelaskan Ali, Erick memiliki peluang besar untuk mendapat dukungan lebih besar dari warga NU ke depan. Salah satu caranya adalah intens melakukan safari ke pesantren dan silaturahmi ke para tokoh NU. 

Beberapa program kemitraan yang dilaksanakan dan diberikan untuk warga Nahdliyin, juga bagian dari strategi dan pendekatan yang efektif untuk berkompetisi mengambil hati masyarakat NU, baik yang struktural maupun kultural.

Sebelumnya, CSIIS telah merilis hasil penelitiannya yang salah satunya memuat calon presiden atau Capres 2024 pilihan warga Nahdlatul Ulama (NU).

Dalam survei yang dilakukan pada 1 April 2022 itu, Erick Thohir masuk dalam 3 besar calon presiden paling diminati warga NU pada Pilpres 2024. [REN]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tags :

Berita Lainnya
 

TERPOPULER

Adsense