BREAKING NEWS
 

Catatan Prof Tjandra

Cegah Peluang Penyebaran Penyakit Zoonosis, Terapkan One Health Di Kota/Kabupaten

Reporter & Editor :
OKTAVIAN SURYA DEWANGGA
Jumat, 3 Juni 2022 14:20 WIB
Prof Tjandra Yoga Aditama. (Foto: dok. Pribadi)

 Sebelumnya 
Pertama, bagaimana One Health dapat memperkuat sistem kesehatan, kedua mengurangi terjadinya endemi dan pandemi, dan ketiga mengendalikan penyakit zoonosis, penyakit tropik terabaikan, serta penyakit tular vektor.

Keempat adalah penanganan keamanan pangan (food safety), kelima pengendalian resistensi antimikroba (antimicrobial resistance/AMR), dan keenam adalah mengintegrasikan aspek lingkungan dalam konsep One Health.

Adsense

Dibentuknya Join Plan of Action di tingkat global ini tentu perlu ditindaklanjuti dengan National Plan of Action dan juga bila mungkin Sub National Plan of Action, di tingkat Kota/Kabupaten kita. Katakanlah, dalam bentuk Rencana Aksi Daerah.

Baca juga : WTND 2022, Indonesia Perlu Lebih Berperan Dalam Tanggulangi Masalah Rokok

Ini adalah bentuk pengembangan peraturan perundang-undangan di tingkat lokal yang mengamanatkan lembaga di tingkat kota/kabupaten untuk bekerja secara lintas sektor, memanfaatkan pendekatan One Health, untuk mengatasi tantangan pada aspek interaksi antar manusia-hewan-lingkungan.

Dalam pelaksanaan kegiatan One Health maka perlu ada upaya peningkatan pemahaman masyarakat serta advokasi pada penentu kebijakan publik, untuk mendapatkan komitmen politik dan dukungan publik secara luas. Juga diperlukan terbentuknya peraturan tingkat kota/kabupaten sebagai dasar penerapan Konsep One Health.

Kerja sama multi sektor harus terbentuk. Mulai dari dinas, lembaga, serta mitra strategis di tingkat kota/kabupaten, seperti perwakilan masyarakat, organisasi kepemudaan, tokoh agama, lembaga akademik, influencer, dan organisasi swasta. 

Baca juga : Nova Harivan: Pemuda Punya Peran Penting Sebagai Kontrol Sosial Di Masyarakat

Dalam pelaksanaan kegiatannya maka dapat dibentuk semacam satuan tugas (satgas) One Health di tingkat kota/kabupaten.

Komitmen dan kepemimpinan Wali Kota dan Bupati menjadi amat sentral untuk terlaksananya kegiatan multisektor untuk kesehatan warga ini.

Kemudian, dalam pengembangan program maka diperlukan monitoring dan evaluasi secara berkala. Dalam kerangka kegiatan Presidensi G20 Indonesia, bentuk Self Assesment Questionnaire (SAQ) sebagai usulan Indonesia untuk memonitor implementasi One Health di berbagai negara dunia tengah diproses.

Baca juga : One Health Dari Jakarta Ke New York

SAQ ini akan dibahas dalam side event G20 Health Working Group (HWG) II meeting yang diselenggarakan di Lombok di awal Juni ini.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tags :

Berita Lainnya
 

TERPOPULER

Adsense