BREAKING NEWS
 

Pamornya Jalan Di Tempat

Prabowo Lampu Kuning

Reporter : BAMBANG TRISMAWAN
Editor : UJANG SUNDA
Jumat, 10 Juni 2022 07:43 WIB
Ketua Umum Gerindra Prabowo Subianto (depan) saat berkunjung ke Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh. (Foto: Putu/RM)

RM.id  Rakyat Merdeka - Pamor Ketua Umum Gerindra Prabowo Subianto sudah mentok. Dalam beberapa survei lembaga kredibel, elektabilitas Menteri Pertanahan ini jalan di tempat. Angkanya memang tinggi, tapi tidak naik lagi. Kondisi ini menjadi lampu kuning untuk Prabowo dalam menghadapi Pilpres 2024.

Contoh terbaru, survei Poltracking Indonesia dan SMRC, yang dirilis kemarin. Hasilnya, ada tiga nama yang mempunyai elektabilitas tinggi dan dijagokan jadi capres di 2024. Prabowo salah satunya. Dua laginya adalah Ganjar Pranowo dan Anies Baswedan.

Baca juga : Mega Sehat, Tapi Jaga Keseimbangan

Meski elektabilitasnya sama-sama tinggi, Prabowo punya “kelemahan”. Elektabilitasnya jalan di tempat. Sedangkan Ganjar sedang menanjak. Di survei Poltracking, elektabilitas Ganjar ada di posisi pertama dengan 30,6 persen. Prabowo di posisi kedua dengan 26,8 persen, dan Anies di posisi ketiga dengan 19,8 persen.

Hasil survei SMRC tidak jauh beda. Ganjar ada di posisi pertama dengan elektabilitas sebesar 30,3 persen. Prabowo di posisi kedua dengan 27,3 persen dan Anies di posisi ketiga dengan 22,6 persen.

Baca juga : Hana Hanifah, Diduga Promosi Judi Online

Direktur Riset SMRC Deni Irvani menyebut, elektabilitas Prabowo mengalami penurunan dibanding hasil survei sebelumnya. Pada Maret 2022, elektabilitas Prabowo masih sebesar 34,3 persen, tapi kini, turun menjadi 27,3 persen.

Melihat kondisi ini, Partai Gerindra berusaha tenang. Politisi Gerindra Yan Permenas Mandenas memastikan, partainya akan tetap mengusung Prabowo sebagai capres. Dia bilang, internal partai solid dan kuat mendukung Prabowo untuk maju kembali menjadi capres.

Adsense

Baca juga : Ternyata, Sebelum Ketemu Prabowo, Paloh Duluan Ketemu Zulhas

"Seluruh kader Gerindra di seluruh pelosok menginginkan dan mendukung Pak Prabowo harus maju," kata Yan, kemarin.

Politisi asal Papua ini menyebut, Prabowo merupakan figur satu-satunya yang paling kuat dan dinilai memenuhi syarat untuk menjadi capres. Apalagi kader sudah memberikan mandat kepada Prabowo untuk nyapres. Dengan jaminan elektabilitas yang besar, Gerindra hanya butuh satu partai lagi untuk meloloskan Prabowo sebagai capres pilihannya.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tags :

Berita Lainnya
 

TERPOPULER

Adsense