BREAKING NEWS
 

Tutup Dikreg Sespim Polri

Kapolri: Jangan Takut Dan Ragu Lakukan Hal Terbaik untuk Masyarakat

Reporter & Editor :
OKTAVIAN SURYA DEWANGGA
Rabu, 26 Oktober 2022 15:01 WIB
Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo. (Foto: Ist)

 Sebelumnya 
Dia juga menyatakan, untuk meraih lagi kepercayaan publik ada beberapa strategi yang dapat dilakukan. Di antaranya, meningkatkan profesionalitas dalam menjalankan dan menuntaskan tugas.

Kemudian, membangun Sumber Daya Manusia (SDM) yang unggul untuk menjawab tantangan zaman. Lalu juga, memberangus segala bentuk kejahatan yang meresahkan serta menjadi perhatian masyarakat.

Sigit kemudian memaparkan pentingnya meningkatkan hubungan personel kepolisian dengan masyarakat atau Proximity Policing.

Setiap personel harus mampu melakukan perbaikan instrumental agar mampu menerapkan Prediktif Policing.

Baca juga : Mendes Halim: Transmigrasi Bisa Tingkatkan Harkat Dan Martabat Kehidupan Masyarakat

Menurut Sigit, strategi lainnya yang tak kalah penting adalah bagaimana menampilkan sosok yang betul-betul dicintai dan diharapkan oleh masyarakat atau Prosedural Justice.

"Jadi bagaimana menekankan perlakuan rekan-rekan terhadap masyarakat secara patut dan adil. Tingkah laku kita, bagaimana kita betul-betul mau mendengarkan keluhan masyarakat, menunjukan kesungguhan dalam memberikan pelayanan," jelas eks Kapolda Banten itu.

Strategi selanjutnya adalah, kata Sigit, seluruh jajaran Korps Bhayangkara harus lebih transparan, rasional dan memenuhi logika publik dalam menjalankan tugasnya melindungi, mengayomi dan melayani masyarakat.

"Jadi ini yang harus rekan-rekan lakukan karena dari keempat strategi tersebut, maka yang berkorelasi paling kuat terhadap peningkatan kepercayaan publik adalah procedural justice," imbau Sigit.

Baca juga : Mantan Menpora Agung Laksono: Lakukan Investigasi dan Perbaiki Sepak Bola Indonesia

Dalam kesempatan tersebut, Sigit juga kembali mengingatkan soal pengarahan dari Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk segera dipahami serta ditindaklanjuti dengan baik dalam penerapannya.

Sigit juga mengingatkan, para peserta lulusan Sespimti dan Sespimmen untuk terus menyiapkan diri guna menghadapi tantangan dan dinamika global yang penuh ketidakpastian.

Mulai dari krisis global yang berdampak ke Indonesia, konflik antara Rusia dan Ukraina, mengamankan Presidensi G20, Pemilu 2024, hingga menindak tegas segala bentuk kejahatan-kejahatan konvensional yang dapat meresahkan masyarakat.

Sigit mengibaratkan Polri sebagai emas, yang saat ini sedang ditempa, dipanaskan, dimurnikan, diayak untuk bisa menjadi emas 24 karat.

Baca juga : Kepala Perpusnas: Hadirkan Buku Ilmu Terapan untuk Masyarakat

"Pilihannya apakah rekan-rekan masuk menjadi bagian emas yang 24 karat atau rekan-rekan menjadi bagian yang lebur karena ujian yang saat ini sedang terjadi. Jadi saya kira kita semua sepakat bahwa rekan-rekan akan masuk menjadi bagian kelompok yang menjadi emas 24 karat," tutup Sigit. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tags :

Berita Lainnya
 

TERPOPULER

Adsense