BREAKING NEWS
 

Ungkap Titik Rawan Korupsi Haji

KPK Kasih Kode Keras Nih...

Reporter : AHMAD LATHIF ROSYIDI
Editor : ABDUL SHOMAD
Rabu, 25 Januari 2023 06:45 WIB
Ketua KPK Firli Bahuri. (Foto: Antara).

 Sebelumnya 
Netizen mengingatkan, yang diung­kapkan Firli Bahuri merupakan kode keras dari KPK yang akan menyelidiki dugaan korupsi penyelenggaraan haji. Sebelumnya, KPK juga pernah menan­gani kasus korupsi pelaksanaan ibadah haji 2010-2013.

Akun @IwanKurus8 mengata­kan, mark up itu artinya sengaja dibikin lebih mahal dari semestinya. Sehingga, ini kejahatan abuse of power, bukan hanya cuma kejahatan korupsi.

Menurut @Partikelirs, yang diungkap­kan Firli merupakan kode keras dari KPK. Sesungguhnya, lembaga penegak hukum itu sudah bisa bergerak untuk menyelidiki dugaan korupsi haji tersebut. “Itupun kalau KPK ada niat,” kata dia.

Baca juga : Usut Tuntas Kasus Dugaan Korupsi Dan Aliran Dana Ke KKB Lukas Enembe

Akun @fxnetizen meminta Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) melakukan audit dana haji. Sebab, temuan KPK ini parah karena ada dugaan kuat dana haji di-mark up secara ugal-ugalan.

“KPK harus segera menyelidiki sampai tuntas masalah ini. Apalagi biaya haji naik hingga dua kali lipat tahun ini,” de­sak @thraneaeny.

Akun @Arifal522 berharap, KPK men­gusut dugaan pos-pos haji yang rawan Korupsi untuk diusut tuntas. Apalagi biaya haji di Arab Saudi sudah turun 30 persen dari tahun sebelumnya.

Baca juga : Selidiki Dugaan Korupsi Formula E, KPK Terkendala Hal Ini

“Tapi, (Menag) Menteri Agama malah menaikkan 100 persen, tidak masuk akal,” ujar @Arifal522. “Tolong KPK diusut tuntas, agar tidak lagi ada yang main-main dengan ibadah rakyat kecil,” pinta @AhmadMu825.

Akun @fallbreath meminta KPK mengawasi dana haji dan langsung me­nangkap saja yang bersalah. Yang pent­ing, jangan dipublikasikan, khawatir para koruptor tiarap.

Menurut @sepsince96, Pemerintah paling benar adalah tidak usah ikut cam­pur masalah haji. Urusan haji sebaiknya diserahkan kepada pihak swasta saja.

Baca juga : Tilang Kendaraan Kembali Ke Manual Nih...

“Wajar bila haji dipegang oleh Pemerintah karena ini berkaitan dengan jatah kuota setiap negara setiap tahun­nya. Apalagi, setiap tahun jumlah yang daftar selalu melebihi kuota,” tandas @mulyanamul. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tags :

Berita Lainnya
 

TERPOPULER

Adsense