BREAKING NEWS
 

Terungkap Kode Suap “Kopi Aceh”

KPK Tetapkan Tersangka Baru Kasus CCTV Bandung

Reporter : MOEHAMMAD WAHYUDIN
Editor : RIFFMY
Senin, 13 November 2023 07:30 WIB
(Foto: Ist)

 Sebelumnya 
Berikutnya, Rijal mengungkapkan bahwa kopi aceh itu merupakan kode yang merujuk pada atensi permintaan uang dari anggota dewan. “Iya betul, saya bawa kopi aceh. Kopi aceh itu kode merujuk pada atensi,” bebernya.

Melihat Riantono tidak mengakui telah menerima uang atensi, Rijal mengakhiri pertanyaannya. Lalu ia mengaku punya bukti kuat atas penyerahan uang terse­but. Semua bukti itu tersimpan dalam chat di handphone miliknya yang telah disita KPK.

“Karena Pak Riantono sering menagih atensi melalui komunikasi hp. Pada saat itu hanya ada Pak Riantono dan menghubungi Pak Achmad Nugraha yang se­dang ada di luar kota, dan minta dititipkan saja kepada Riantono. Pada saat saya diperiksa penyidik, HP saya sudah disadap KPK, dan data itu masih ada. Saya hanya menyampaikan saja apa yang terjadi,” ungkapnya.

Baca juga : KPK Tetapkan 2 Tersangka Baru Kasus Dugaan Suap Proyek DJKA

Jaksa KPK Tony Indra mengakui, terdakwa kasus ini meng­gunakan sejumlah kode untuk menyamarkan penyerahan uang suap.

“Sebelumnya kan ada istilah musang king, durian bawor, bisa jadi itu memang kopi aceh, nanti kita dalami,” tutupnya.

Pada sidang ini, Yana cs didakwa menerima suap total senilai Rp 2,16 miliar. Uang suap tersebut berasal dari 3 perusahaan yang menggarap sejumlah proyek di Dishub Kota Bandung.

Baca juga : Polisi Segera Gelar Perkara Tetapkan Tersangka Kasus Pemerasan SYL

Rinciannya, Khairur Rijal menerima Rp 2,16 miliar, Dadang Rp 300 juta dan Yana Rp 400 juta.

Ketiganya didakwa melanggar Pasal 12 huruf a atau Pasal 11 juncto Pasal 18 Undang-Undang Tindak Pidana Korupsi juncto Pasal 55 ayat (1) ke-1 Kitab Undang-Undang Hukum Pidana (KUHP).

Artikel ini tayang di Rakyat Merdeka Cetak edisi Senin 13/11/2023 dengan judul Terungkap Kode Suap “Kopi Aceh”, KPK Tetapkan Tersangka Baru Kasus CCTV Bandung

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tags :

Berita Lainnya
 

TERPOPULER

Adsense