BREAKING NEWS
 

Lanjutkan Program Jokowi

Pemerintahan Prabowo Tak Perlu Tim Transisi

Reporter : NUR ROCHMANNUDIN
Editor : SISWANTO
Minggu, 25 Februari 2024 08:50 WIB
Menteri Investasi/ Kepala BKPM Bahlil Lahadalia. (Foto: Antara Foto/Hafidz Mubarak A/Spt)

 Sebelumnya 
“Prabowo sekarang apa bedanya dengan Jokowi? Wajahnya sama, programnya sama, genealogi politiknya sama. Jadi, buat apa tim transisi. Iya, gen politiknya kan dari situ,” tuturnya.

Hal senada juga disampaikan Direktur Eksekutif Trias Politika Strategis, Agung Baskoro. Menurutnya, pemerintahan Prabowo tak perlu tim transisi untuk membentuk kabinet mendatang.

“Karena yang menjadi presiden adalah Prabowo, maka ia harus menentukan langsung,” katanya.

Baca juga : Akan Dibahas Di Sidang Kabinet, Makan Siang Gratis Masuk APBN 2025

Dengan memilih dan menunjuk sendiri para pembantunya, Prabowo dapat menjaga harmonisasi selama masa pemerintahannya. Dengan demikian, berbagai kebijakan yang dibuat dapat berjalan efektif.

Hanya saja, Agung memandang, Prabowo tetap perlu berkomunikasi dan melibatkan Jokowi dalam menyusun kabinet. Hal itu penting agar keberlanjutan program pemerintahan Jokowi tetap terjaga di masa pemerintahan Prabowo.

“Harus tetap melibatkan Presiden Jokowi agar kesinambungan program pemerintahan tetap terjaga,” pungkas Agung.

Baca juga : JK Benarkan Mau Ketemu Megawati

Direktur Eksekutif Segara Research Institute, Piter Abdullah Redjalam menilai, semangat pemerintahan Prabowo memang melanjutkan. Namun, kata dia, dari Jokowi ke Prabowo, tetap saja namanya pergantian kekuasaan.

Piter tak masalah, bila dari kubu Prabowo tak membentuk tim transisi seperti di era peralihan dari SBY ke Jokowi. Namun, sejak Maret 2024 hingga Oktober 2024, masa itu tetap disebut masa transisi.

“Selama masa transisi itu, tim Prabowo pasti melakukan banyak persiapan, termasuk melakukan seleksi kabinet, mempersiapkan bagaimana melaksanakan semua janji kampanye, dan lain-lain,” kata Piter.

Baca juga : AHY Makin Gesit

Dari sudut pandang ekonomi, Piter usul agar tim Prabowo-Gibran bisa memaksimalkan waktu yang ada. Begitu waktunya tiba, pemerintahan bisa langsung nyetel.

“Tim Prabowo-Gibran memanfaatkan masa transisi ini sebaik-baiknya agar tidak ada waktu terbuang. Begitu selesai dilantik, pemerintahan Prabowo bisa langsung lari kencang melaksanakan program-programnya,” saran Piter.

Artikel ini tayang di Rakyat Merdeka Cetak edisi Minggu, 25 Februari 2024 dengan judul Lanjutkan Program Jokowi, Pemerintahan Prabowo Tak Perlu Tim Transisi

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tags :

Berita Lainnya
 

TERPOPULER

Adsense