Dark/Light Mode

Dukung Pengembangan Pendidikan Di Jakarta

Idealnya, Setiap Kelurahan Mempunyai Sekolah Negeri

Minggu, 25 Februari 2024 06:50 WIB
Ilustrasi, salah satu sekolah SMAN di Jakarta. (Foto: Antara)
Ilustrasi, salah satu sekolah SMAN di Jakarta. (Foto: Antara)

RM.id  Rakyat Merdeka - Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) meminta Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta menambah sekolah jenjang SDN (Sekolah Dasar Negeri) hingga SMAN (Sekolah Menengah Atas Negeri). Idealnya, terdapat satu sekolah di satu wilayah kelurahan.

Berdasarkan data Dinas Pendidikan (Disdik) DKI Ja­karta, saat ini masih ada 86 kelu­rahan yang tidak memiliki SMP Negeri dan 168 kelurahan yang tidak mempunyai SMA Negeri.

Anggota Komisi E DPRD DKI Jakarta Idris Ahmad mengatakan, saat ini masih banyak kelurahan yang belum memiliki SMP dan SMA, sehingga mem­buat peserta didik baru kesulitan mendaftar sekolah melalui jalur zonasi Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB).

Baca juga : Chelsea Pede, The Reds Pincang

Untuk mengatasi permasalah­an tersebut, Idris meminta Dis­dik DKI melakukan pendataan kebutuhan sekolah di setiap kelurahan. Harapannya, semua jenjang sekolah dapat merata tersebar di Jakarta.

Idris mengusulkan dilakukan pengelompokan kembali atau penyatuan SD di satu kelurahan, sehingga lokasi SD yang telah dilebur menjadi satu dengan SD lain, bisa digunakan untuk membangun SMP.

“Contoh di Menteng dengan jumlah penduduk yang kecil, bisa digabungkan SD tertentu, se­hingga bisa dibangun SMP. Nah, itulah yang harus dianggarkan dan diprioritaskan,” ucap Idris.

Baca juga : Merah-Putih Targetkan Juara

Anggota Komisi B DPRD DKI Jakarta Suhud Alynudin mengungkapkan, warga Koja, Jakarta Utara, meminta penambahan sekolah jenjang SD hingga SMA. Ada warga yang mengeluh terpaksa menyeko­lahkan anaknya di SD yang jauh dari rumah.

Akibat kurangnya jumlah sekolah, warga kurang mampu harus merogoh kocek lebih dalam untuk menyekolahkan anaknya di sekolah swasta.

“Ada (sekolah) negeri tapi lokasi jauh, sehingga sebagian sekolah di swasta,” ungkap dia.

Baca juga : KPK Menaikkan Ke Tahapan Penyidikan

Karena itu, Suhud meminta Dinas Pendidikan Disdik DKI Jakarta membuat perencanaan pembangunan sekolah tingkat SD SMP dan SMA Negeri, khususnya di wilayah Jakarta Utara pada 2025.

“Prioritas tahun 2025 adalah pendirian sekolah di beberapa kelurahan di Jakarta Utara. Teru­tama di Kelurahan Koja, Jakarta Utara,” tegas dia.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.