BREAKING NEWS
 

Total 437 Orang Yang Berinteraksi Dengan Gubernur Anies Dan Wagub Ariza, Sudah Jalani Swab Test PCR

Reporter & Editor :
FIRSTY HESTYARINI
Kamis, 3 Desember 2020 07:27 WIB
Gubernur DKI Anies Baswedan saat dijemput oleh tim RSUD Pasar Minggu, Jakarta Selatan untuk menjalani pemeriksaan kesehatan awal, setelah dinyatakan positif Covid-19, Selasa (1/12) pagi. (Foto: Instagram)

RM.id  Rakyat Merdeka - Sebanyak 437 orang di lingkungan kegiatan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dan Wakil Gubernur Ahmad Riza Patria atau Ariza, telah mengikuti swab test PCR sebagai bagian dari pelacakan kontak secara aktif.

Info ini disampaikan Kepala Dinas Kesehatan DKI Widyastuti dalam keterangannya, Rabu (3/12).

"Dinas Kesehatan Pemprov DKI Jakarta dan jajaran langsung melakukan pelacakan kontak. Hingga Selasa (1/12) kemarin, kami telah melakukan swab test terhadap 158 orang dari kontak erat Gubernur dan 279 orang dari kontak erat Wakil Gubernur. Sehingga, totalnya ada 437 orang," ungkap Widyastuti.

Baca juga : Tamu Yang Mau Ketemu Gubernur Anies Dan Para Asistennya, Kini Wajib Rapid Test

Dari 158 kontak erat Gubernur selama periode tracing pada Selasa (1/11), diperoleh hasil 5 orang positif, 111 lainnya negatif dan 42 orang masih menunggu hasil.

Adsense

Sedangkan dari 279 kontak erat Wakil Gubernur selama periode tracing 28 November - 1 Desember, hasilnya adalah 19 positif, 185 negatif dan 75 orang lainnya masih menunggu hasil.

Mereka yang terkonfirmasi positif kemudian menjalani isolasi mandiri ataupun perawatan sesuai dengan derajat gejala yang dialaminya.

Baca juga : Jangan Anggap Enteng Corona, Jika Lalai Sedikit Bisa Terpapar

Widyastuti menegaskan, mereka yang terkonfirmasi positif dari hasil pelacakan kontak tidak menentukan sumber penularannya adalah Gubernur ataupun Wakil Gubernur. Saat ini, belum ditemukan kasus positif di antara mereka yang berinteraksi langsung dengan Gubernur. Baik dari keluarga maupun tim kerja, setelah Gubernur dikonfirmasi positif.

"Kepada mereka yang terkonfirmasi positif sedang dalam proses penelusuran lebih lanjut. Dalam beberapa kasus ditemukan adanya periode penularan, sebelum berinteraksi dengan Gubernur. Atau merupakan bagian dari klaster keluarga masing-masing. Kami mendata, ada klaster terpisah yang ditemukan, dalam tes masif di lingkungan kerja Gubernur dan Wakil Gubernur," tutur Widyastuti.

Pemprov DKI Jakarta berkomitmen penuh dalam pengendalian wabah Covid-19 di DKI Jakarta dengan melakukan kegiatan 3T yakni testing, tracing, dan treatment secara masif.

Baca juga : 48 Orang Yang Berinteraksi Dengan Menag Sudah Di-Swab, Hasilnya Negatif

Selain itu, masyarakat juga diharapkan untuk disiplin menjalankan protokol kesehatan 3M, yaitu memakai masker, menjaga jarak, serta mencuci tangan rutin dengan sabun dan air mengalir.  [HES]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tags :

Berita Lainnya
 

TERPOPULER

Adsense