BREAKING NEWS
 

Kolaborasi Pemerintah-Swasta Penting Untuk Penuhi Nutrisi Ibu Dan Anak Di Masa Pandemi

Reporter & Editor :
UJANG SUNDA
Selasa, 29 Desember 2020 10:10 WIB
Panduan gizi seimbang di tengah pandemi (Foto: Dok. Kemenkes)

RM.id  Rakyat Merdeka - Pandemi Covid-19 memberikan tantangan bagi program percepatan perbaikan gizi masyarakat. Dampak pandemi yang memukul banyak sektor usaha mengakibatkan keluarga turut terpukul karena penghasilan mereka berkurang.

Beberapa daerah terus berusaha memenuhi kebutuhan gizi masyarakat. Misalnya, Pemprov Jawa Barat baru-baru ini bekerja sama dengan organisasi non-profit Jabar Bergerak menyalurkan berbagai bantuan seperti Alat Pelindung Diri (APD), alat-alat kesehatan, serta dukungan nutrisi bagi warga yang terdampak pandemi dan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB).

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mengapresiasi seluruh pihak yang telah berkolaborasi dalam rangka membantu kebutuhan masyarakat di wilayahnya. Termasuk dukungan nutrisi yang dibutuhkan untuk menjaga kecukupan gizi masyarakat Jawa Barat saat pandemi.

Baca juga : TP-Link Siapkan Perangkat Jaringan Internet Untuk Pengungsi Gunung Merapi

Di Kalimantan Selatan (Kalsel) juga sama. Pemprov Kalsel menyalurkan bantuan paket alat kesehatan dan dukungan nutrisi seperti biskuit, teh, dan susu untuk memenuhi kebutuhan gizi masyarakat, terutama ibu dan anak. Bantuan tersebut sebagai bukti bahwa upaya pencegahan stunting tetap harus berjalan walau di masa pandemi.

Di Jawa Tengah (Jateng), sejumlah bantuan berupa APD, alat kesehatan, dan dukungan nutrisi telah didistribusikan Pemprov Jateng ke-67 fasilitas kesehatan yang tersebar di 28 kabupaten/kota.

Adsense

Agar optimal, langkah ini perlu dibantu berbagai pihak, termasuk swasta. Dukungan nutrisi bagi masyarakat sangat penting untuk menghindari adanya generasi pandemi sebagaimana terjadi pada saat krisis ekonomi 1997/1998, ketika terjadi peningkatan angka malnutrisi.

Baca juga : Bamsoet Ingatkan Pentingnya Pendidikan Wawasan Kebangsaan

Dokter Spesialis Anak Dina Muktiarti menerangkan, kebutuhan gizi anak di masa pandemi harus tetap tercukupi dengan baik agar mencapai kondisi optimal yang diharapkan. "Pemenuhan gizi anak berupa makanan pokok yang bervariasi, lauk pauk yang mengandung protein tinggi, sayuran, dan buah harus diperhatikan orang tua," katanya.

Pihak swasta telah menyatakan kesiapan untuk mendukung program pemerintah untuk percepatan perbaikan gizi dalam jangka pendek dan panjang. Di masa pandemi, produsen produk bernutrisi bagi ibu dan anak tetap berkomitmen untuk terus memastikan ketersediaan produknya. Hal ini dilakukan untuk memastikan agar kebutuhan gizi ibu dan anak tercukupi terutama di masa pandemi, agar daya tahan tubuh pun dapat tetap terjaga dengan baik.

Ketua Asosiasi Perusahaan Produk Bernutrisi untuk Ibu dan Anak (APPNIA) Rivanda Idiyanto menilai, kolaborasi swasta dan pemerintah sangat positif dan perlu terus diperkuat di masa depan. Rivanda menekankan, anak-anak sangat memerlukan dukungan nutrisi untuk mendukung tumbuh kembang mereka.

Baca juga : Pentingnya Peran Ibu Selama Masa Pandemi

"Kolaborasi pemerintah-swasta perlu diperkuat sebagaimana kita amati sepanjang masa pandemi ini. APPNIA siap bekerja sama mendukung program pemerintah dalam pemenuhan gizi seimbang dan akses terhadap produk bernutrisi, tentunya dengan tetap mematuhi regulasi yang berlaku. Komunikasi dan kerja sama di antara keduanya akan sangat baik untuk mendukung percepatan perbaikan gizi demi generasi masa depan yang lebih sehat," ujar Rivanda.

Ketua Pergizi Pangan Hardiansyah menyampaikan, jangankan dalam kondisi pandemi, dalam kondisi normal pun target penurunan stunting menjadi 14 persen dirasakan sangatlah berat. Sehingga memerlukan ekstra kerja keras.

"Pentingnya kolaborasi berbagai pihak dan memperkuat kualitas program yang ada dengan kreativitas dan inovasi berbasis budaya sesuai potensi masing-masing daerah. Hal ini akan mendorong terjadinya percepatan target penurunan stunting di Indonesia,” ungkap Hardiansyah. [USU]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tags :

Berita Lainnya
 

TERPOPULER

Adsense