Dark/Light Mode

TP-Link Siapkan Perangkat Jaringan Internet Untuk Pengungsi Gunung Merapi

Senin, 28 Desember 2020 14:02 WIB
Foto: TP Link
Foto: TP Link

RM.id  Rakyat Merdeka - TP-Link, penyedia perangkat jaringan WiFi  membantu penyediaan akses atau jaringan internet bagi para pengungsi bencana erupsi Gunung Merapi tahun 2020 di Kabupaten Sleman, DI Yogyakarta.

Bantuan perangkat TP Link CPE610 dan EAP110-Outdoor dibangun di Posko pengungsian yang posisinya jauh dari perkotaan dan banyak diantaranya tidak terjangkau sinyal operator data seluler untuk mengakses internet.

Baca juga : Pemerintah Didesak Lakukan Spectrum Sharing Jaringan 5G Nasional

Dukungan TP-Link Indonesia ini disalurkan melalui Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia Pengurus Wilayah Daerah Istimewa Yogyakarta (APJII Pengwil DIY), dan atas petunjuk Dinas Kominfo Pemerintah Kabupaten Sleman dalam penentuan lokasi, jaringan dan akses internet tersebut saat ini telah tersedia secara gratis di barak Glagaharjo, Gayam, Kepuharjo, Wukirsari dan Brayut.

“APJII dengan dukungan perangkat dari TP-Link Indonesiamenyediakan jaringan internet di lima titik posko pengungsian korban erupsigunung Merapi. Akses Internet tersebut sangat diperlukan bagi posko kebencanaan pemerintah, relawan, dan para pengungsi terutama para siswa pelajar yang saat ini juga sedang melakukan proses belajar secara online karena pandemi Covid 19,” kata Ketua APJII Pengurus Wilayah Yogyakarta Tigor Jonson Purba, dalam siaran pers TP -Link di Jakarta, Senin (28/12).

Baca juga : BNI Berikan Bingkisan Natal Untuk Warga di Daerah Terpencil

Ia mengatakan pemasangan jaringan internet tersebut beberapa barak menggunakan TP- Link CPE610 dan EAP110-Outdoor sebagai backhaul dan akses point dengan hasil yang baik.

Backbone internet disediakan oleh APJII DIY dengan kapasitas internet 80Mbps di Balai Desa Glagaharjo, kemudian dari sana disalurkan ke barak pengungsian di desa-desa sekitarnya. Dengan kondisi alam yang berbukit dan pepohonan juga hampir selalu diguyur hujan lebat di lereng Merapi outdoor unit CPE610 dapat menghantarkan bandwidth internet hingga 15Mbps untuk satu barak.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.