BREAKING NEWS
 

Bupati Sleman Positif Corona Setelah Divaksin Sinovac

Rakyat Diminta Ambil Pelajaran

Reporter : NUR ROCHMANNUDIN
Editor : ADITYA NUGROHO
Sabtu, 23 Januari 2021 05:30 WIB
Bupati Sleman Sri Purnomo saat divaksin Kamis, 21 Januari 2021 lalu di Puskesmas Ngemplak 2 Sleman. (Foto: Suara Pembaruan/Fuska Sani).

 Sebelumnya 
Ia menjelaskan, waktu antara paparan dan munculnya gejala Corona, yakni sekitar 5-6 hari. Rentang waktu ini sesuai dengan kondisi Bupati Sleman yang telah mendapatkan suntikan vaksinasi pertama pada 14 Januari. Sementara hasil pemeriksaan swab PCR yang mengkonfirmasi positif Corona keluar pada 20 Januari.

“Kita tahu bersama bahwa vaksinasi Covid-19 membutuhkan dua kali dosis penyuntikan. Sebab sistem imun perlu waktu lewat paparan yang lebih lama untuk bisa mengetahui bagaimana cara efektif untuk melawan virus tersebut,” jelas dia.

Baca juga : Ini Kata Kemenkes Dan BPOM, Soal Bupati Sleman Yang Positif Covid Setelah Disuntik Vaksin Sinovac

Siti menyampaikan, suntikan pertama vaksin dilakukan untuk memicu respons kekebalan awal. Sedangkan suntikan kedua untuk menguatkan respons imun yang telah terbentuk. Kondisi ini memicu respons antibodi yang lebih cepat dan efektif di masa yang akan datang.

Pada suntikan kedua vaksin Corona juga berfungsi sebagai booster untuk membentuk antibodi secara optimal. Imunitas ini, lanjutnya, baru akan terbentuk secara baik setelah tiga pekan dari suntikan kedua. Karena itu, ia menegaskan, risiko terpapar Covid-19 masih dapat terjadi meskipun sudah menerima suntikan vaksinasi.

Baca juga : Tahanan Palestina Meninggal Di Penjara Israel

“Namun, tentunya diharapkan vaksin ini akan dapat mengurangi kemungkinan sakit berat,” tambah dia.

Pemerintah memastikan, program vaksinasi kepada seluruh masyarakat tetap akan dilaksanakan sesuai jadwal. Namun dia berpesan, agar protokol kesehatan tetap dijalankan secara disiplin dan ketat, meskipun sudah divaksin.

Baca juga : BPOM Awasi Kualitas Vaksin Sinovac Sampai Daerah

“Karena selain tetap harus menjaga diri, juga masih dibutuhkan waktu bersama-sama bagi seluruh masyarakat untuk kita bisa mencapai kekebalan kelompok,” ungkap Siti Nadia.

Juru Bicara Satuan Tugas Penanganan Covid-19, Wiku Bakti Bawono Adisasmito mengatakan, seseorang bisa tertular Corona jika tidak memiliki imunitas tubuh yang baik. Penularan juga bisa terjadi pada orang yang baru menerima satu kali suntikan vaksin Corona. [MEN]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tags :

Berita Lainnya
 

TERPOPULER

Adsense