BREAKING NEWS
 

Anak Muda Lebih Pilih Anies Dan Ganjar

Prabowo Capresnya Orang Tua

Reporter & Editor :
APRIANTO
Senin, 22 Maret 2021 06:25 WIB
Prabowo Subianto. (Foto: Setkab RI)

 Sebelumnya 
Misalnya, berdasarkan etnis, anak muda Jawa memilih Ganjar sebesar 22,1 persen. Akan tetapi, yang memilih Anies juga banyak ada 12,2 persen, disusul Sandiaga Uno 10,3 persen. Sementara Ridwan Kamil dipilih anak muda dari Sunda dengan angka 28,6 persen, disusul Anies sebesar 15,5 persen, dan Prabowo serta Sandi masing-masing 10,3 persen.

Lalu partai mana yang jadi pilihan anak muda? Dari survei itu diketahui Gerindra di posisi pertama dengan 16 persen. Lalu, disusul PDIP dengan 14,2 persen. Setelah itu, posisi ketiga ditempati Golkar, diikuti PKS, dan Demokrat dengan kisaran 5 persen.

Burhan menegaskan, saat ini lebih banyak anak muda yang belum memilih nama capres dan partai atau sekitar 30 persen. “Ini menjadi kesempatan untuk semua partai termasuk para capres untuk mendekati anak muda dengan megakomodasi kepentingan mereka,” ungkapnya.

Baca juga : Susi Maunya Berondong

Burhan mengingatkan, dari data BPS diketahui jumlah generasi Z yang berusia 8-23 tahun sekitar 75 juta atau 23 persen populasi. Jika ditambah generasi milenial, jumlahnya mencapai lebih dari 50 persen.

Adsense

Sekjen PDIP, Hasto Kristiyanto menanggapi temuan PDIP berada di posisi kedua tersebut dengan santai. Kata dia, survei bersifat dinamis. Kalau ada yang kurang baik, hal tersebut menjadi masukan untuk memperbaiki diri. Kalau ada yang positif, didorong supaya menjadi bagian kultur PDIP.

Menurut dia, responden survei kali ini sangat segmented, yakni anak-anak muda pasca Orde Baru. Sehingga, Hasto menduga, para anak-anak muda ini belum memiliki referensi cukup kuat terhadap masa lalu. “Tapi, saya senang mereka punya sikap penolakan terhadap Orde Baru,” kata Hasto.

Baca juga : Myanmar Tahan Lebih Dari 1.700 Penentang Kudeta

Soal capres, Hasto juga menanggapinya dengan santai. Dari daftar capres pilihan anak muda, ada satu kader PDIP yang nangkring di posisi kedua yaitu Ganjar.

Menurut dia, pilpres masih jauh. Apalagi angka yang tidak memilih masih cukup besar. Dengan angka undecided yang cukup besar itu, ia belum bisa mendapatkan referensi apa yang diinginkan publik. “Sudah muncul benih-benih pemimpin baru karena proses kaderisasi,” ucapnya.

Waketum Gerindra, Rahayu Saraswati mengapresiasi hasil survei tersebut. Kata dia, survei tersebut memberikan semacam gambaran untuk mengetahui arah pemikiran Generasi Z yang potensinya cukup besar. Soal Gerindra yang menjadi parpol pilihan anak muda dan posisi Prabowo yang berada di posisi lima, Saraswati tak terlalu khawatir.

Baca juga : Demokrasi Bisa Jalan Mundur

Kata dia, organisasi sayap parpol khusus kepemudaan terus bergerak untuk memastikan anak muda memiliki kesadaran tentang politik. “Menigkatkan minat agar mereka mau terlibat dalam politik,” ucapnya.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tags :

Berita Lainnya
 

TERPOPULER

Adsense