BREAKING NEWS
 

Anggota Komisi VII DPR Lamhot Sinaga

Pemerintah Harus Batasi Kuota, Jangan Takut Naikkan Harga BBM Subsidi

Reporter : DEDE ISWADI IDRIS
Editor : FIRSTY HESTYARINI
Sabtu, 13 Agustus 2022 14:18 WIB
Politisi Golkar Lamhot Sinaga (Foto: Istimewa)

 Sebelumnya 
Lamhot meminta pemerintah segera melakukan menyesuaikan harga BBM Subsidi, dengan pendekatan yang moderat. Dalam hal ini, pemerintah dan masyarakat harus berkolaborasi menyelamatkan keuangan negara.

"Saya mengusulkan, subsidi per liter BBM yang ditanggung pemerintah, hanya 75 persen saja. Sisanya, dengan penyesuaian harga BBM subsidi," ucapnya.

Baca juga : Jewer Kepala Daerah Yang Naikin Gas 3 Kg

Bantuan subsidi yang diberikan pemerintah terhadap solar, mencapai Rp 7.800 per liter. Sehingga, harga solar menjadi Rp 5.150 per liter, dengan penyesuaian besar subsidi harga solar memungkinkan menjadi Rp 7.100.

Sedangkan subsidi Pertalite dari pemerintah, mencapai Rp 4.500 per liter dari harga yang diterima konsumen Rp 7.650 per liter. Sehingga, penyesuaian harga pertalite memungkinkan menjadi Rp 8.875.

Baca juga : PUSKEPI: Pemerintah Harus Segera Koreksi Kuota BBM Bersubsidi Solar Dan Pertalite

"Dengan penyesuaian harga ini, kita bisa menghemat APBN sebesar Rp 150 triliun. Ditambah pembatasan kuota, pemerintah bisa memberikan subsidi langsung bagi masyarakat yang benar-benar membutuhkan," terang Lamhot.

Menurutnya, penyesuaian harga ini masih bisa diterima masyarakat penerima subsidi. Karena masih sangat terjangkau, jika dibandingkan harga BBM non subsidi.

Baca juga : DPR Minta Pemerintah Jangan Cabut Kebijakan DMO CPO

"Selama ini, perbedaan harga yang terlalu jauh antara BBM Subsidi dan Non Subsidi, menjadi daya tarik masyarakat mampu untuk mengkonsumsi BBM Subsidi," pungkasnya. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tags :

Berita Lainnya
 

TERPOPULER

Adsense