BREAKING NEWS
 

Cuma Ada Kepala Barantin, Bawahan Belum Ada

Tugas Karantina Berlarut-larut

Reporter : HAIKAL AMIRULLAH
Editor : AULIA DARWIS
Selasa, 20 Februari 2024 07:10 WIB
Anggota Komisi IV DPR Slamet. (Foto: Dok. DPR RI)

 Sebelumnya 
Presiden Jokowi pada Septem­ber 2023 melantik Sahat Manaor Panggabean sebagai Kepala Ba­rantin di Istana Negara, Jakarta. Sahat sebelumnya merupakan Staf Ahli Bidang Manajemen Konektivitas Kementerian Koor­dinator Bidang Kemaritiman dan Investasi.

Adsense

Dia berharap, dengan hadirnya Barantin ini, penyelenggaraan dan pengawasan urusan untuk keluar masuknya hewan, ikan dan tumbuhan itu mejadi satu pintu. Tidak lagi tersebar di Ke­mentan, KKP dan KLHK demi menghindari ego sektoral antar kementerian/lembaga.

“Jadi, menurunkan egosek­toral untuk menuju karantina Indonesia yang lebih kuat. Ha­rapannya seperti itu,” ujarnya.

Baca juga : IPO Anak Usaha Telkom Potensial Dilirik Investor

Memang diakuinya, Pimpi­nan DPR secara formal belum mengeluarkan keputusan ter­kait mitra kerja Barantin di Parlemen. Namun demikian, pihaknya berinisiatif mengun­dang para pejabat Barantin untuk mengikuti rapat kerja bersama Komisi IV mengingat tingkat urgensi yang cukup tinggi untuk karantina.

“Cuma informasi yang saya terima, itu masih staffing (penyusunan kepegawaian, red). Sebe­lum kita reses kemarin itu, kita tanyakan, (jawaban Barantin) baru ada kepalanya saja. Sedang staffing belum,” ujarnya.

Dia berharap, Barantin segera berkoordinasi dengan Kementerian Pemberdayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) dan terkait lainnya untuk penyelesaian urusan penataan kepegawaian di Barantin ini. Dia tidak ingin persoalan ini membuat tugas penyelenggaraan perkarantinaan terkendala dan berlarut-larut.

Baca juga : Pemerintah Bakal Impor 2 Juta Ton Beras Thailand

“Penyelesaian di bawah se­benarnya kan sudah mulai. Cuma ini kan ada juga (Apara­tur Sipil Negara) yang takut ini, itu, karena dengan digabungnya badan baru ini, pasti ada yang dilebur, ada jabatan baru. Hal-hal teknis seperti ini jangan lama-lamalah,” wantinya.

Anggota Fraksi PKS ini me­nilai, mitra kerja Barantin di Parlemen tetap di Komisi IV. Pasalnya, Barantin merupakan pecahan dari Kementan, KKP dan KLHK yang memang sedari awal merupakan mitra kerja komisi yang ditempatinya, se­hingga secara normatif harusnya tetap.

Artikel ini tayang di Rakyat Merdeka Cetak edisi Selasa 20/2/2024 dengan judul Cuma Ada Kepala Barantin, Bawahan Belum Ada, Tugas Karantina Berlarut-larut       

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tags :

Berita Lainnya
 

TERPOPULER

Adsense