BREAKING NEWS
 

Bamsoet: Komjen Listyo Dekat Dengan Ulama Dan Rajin Silaturahmi

Reporter & Editor :
UJANG SUNDA
Rabu, 13 Januari 2021 19:18 WIB
Calon Kapolri Komjen Listyo Sigit Prabowo (Foto: Dwi Pambudo/RM)

RM.id  Rakyat Merdeka - Ketua MPR yang juga anggota Komisi III DPR Bambang Soesatyo mendukung langkah Presiden Jokowi menunjuk Komjen Listyo Sigit Prabowo sebagai calon tunggal Kapolri. Listyo ditunjuk untuk menggantikan Jenderal Idham Azis yang akan memasuki pensiun pada Februari 2021.

"Rekam jejak beliau selama menempati berbagai posisi sudah menunjukkan kemampuannya dalam menjaga nama baik sekaligus meningkatkan kinerja Polri. Saat menjabat Kabareskrim, misalnya, ia berhasil menangkap buronan kelas kakap, Djoko Tjandra. Bahkan juga tak segan menindak oknum kepolisian yang diduga terlibat di dalamnya. Ini menunjukkan keberanian dalam menegakan hukum tanpa pandang bulu, sebuah sikap yang harus dimiliki seorang Kapolri," ujar Bamsoet, sapaan akrab Bambang, di Jakarta, Rabu (13/1).

Adsense

Baca juga : Nuning: Komjen Listyo Rendah Hati Dan Pandai Mendengar

Mantan Ketua Komisi III DPR dan Ketua DPR ke-20 ini memaparkan, di bawah kepemimpinan Listyo, Bareskrim juga berhasil menangani berbagai kasus. Antara lain kebakaran Gedung Kejaksaan Agung, pengungkapan narkoba jenis sabu mencapai 1,2 juta ton. Sepanjang 2020, Listyo juga berhasil mengamankan barang bukti 5,91 ton sabu, 50,59 ton ganja, 905.425 butir pil ekstasi. Selain itu, sebanyak 53.176 tersangka kasus tindak pidana Narkoba dilakukan proses hukum.

"Beliau juga berhasil menyelamatkan uang negara mencapai Rp 310.817.274.052, dari proses penegakan hukum korupsi. Sekitar 485 perkara korupsi juga telah ditangani proses hukum," papar Bamsoet.

Baca juga : DPR: Komjen Listyo Sigit Sudah Menonjol Sejak Di Surakarta

Ketua Umum Ikatan Motor Indonesia (IMI) ini menuturkan, saat menjabat Kapolda Banten, Listyo Sigit Prabowo juga banyak melakukan terobosan. Ia termasuk aparat kepolisian yang dekat dengan ulama. Rajin menjalin silaturahmi dengan berbagai tokoh ulama Banten, antara lain Abuya Muhtadi, Ustad Kurtubi, dan Martin Syarkawi. Bahkan ia juga memfasilitasi pertemuan para ulama dengan Presiden Jokowi pada November 2016.

"Karenanya, isu agama yang seringkali dikaitkan dengan beliau, jangan dijadikan hambatan untuk memimpin Kepolisian. Sebagaimana yang sering disampaikan beliau kepada para ulama di Banten, bahwa sebagai aparatur penegak hukum, tugasnya tak lain menjamin keamanan dan keselamatan warga. Menjadi pelayan bagi setiap lapisan masyarakat," pungkas Bamsoet. [USU]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tags :

Berita Lainnya
 

TERPOPULER

Adsense