Dark/Light Mode

Bumikan Pancasila Dengan Tindakan Bukan Slogan

Senin, 14 Desember 2020 15:48 WIB
Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) menggelar Dialog Jejaring Panca Mandala Membangun Sinergitas Membumikan Pancasila, Selasa (14/12).
Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) menggelar Dialog Jejaring Panca Mandala Membangun Sinergitas Membumikan Pancasila, Selasa (14/12).

RM.id  Rakyat Merdeka - Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) menggelar Dialog Jejaring Panca Mandala Membangun Sinergitas Membumikan Pancasila. 

Program Panca mandala yang digagas BPIP ini perlu mendapat dukungan dari seluruh elemen masyarakat, khususnya pemerintah, pelaku usaha, organisasi masyatakat, akademisi, hingga media massa. 

Dalam dialog tersebut, Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik  (Kesbangpol) Firsada menyambut baik pembentukan jejaring Panca Mandala yang dibentuk oleh BPIP. 

Ia menjelaskan, tugas Kesbangpol Bandara Lampung, salah satunya adalah melakukan pembinaan Pancasila. 

"Kami mempunyai tugas dalam pembinaan ideologi pancasila serta urusan politik dan pemerintahan umum. Tetapi dilaksanakan oleh perangkat daerah provinsi Lampung,"jelasnya.

Baca juga : Terawan Bukan Teladan

Menurutnya, seluruh komponen bangsa wajib merealisasikan Pancasila dalam setiap kehidupan berbangsa dan bernegara. “Tidak perlu dimunculkan keyakinan untuk mengganti Pancasila dengan ideologi lain,” ujarnya. 

Firsada melanjutkan, dalam pembinaan ideologi Pancasila dilakukan dengan berdasarkan 4 pilar. 

Yaitu, Pancasila, Undang undang Dasar 1945, NKRI dan Bhinneka Tunggal Ika. “Tugas kami memantapkan ideologi keseluruh lapisan masyarakat,"tegasnya. 

Staf Khusus Ketua Dewan Pengarah, Antonius Benny Susetyo menekankan bahwa  Panca mandala ini perlu dukungan dari seluruh elemen masyarakat, khususnya pemerintah, pelaku usaha, organisasi masyatakat, akademisi, dan media. 

Benny menambahkan lima elemen ini menjadi jejaring yang saling bahu membahu dalam membumikan Pancasila. 

Baca juga : BPIP Bumikan Pancasila Di Bandar Lampung

"Contoh Kebijakan publik dari pemerintah, media membantu membumikan pancasila di ruang publik dan semuanya mempunyai peran yang saling menguatkan dalam membumikan Pancasila," jelas Benny. 

Benny menegaskan, membumikan Pancasila harus dilakukan dengan tindakan bukan selogan. 

"Membumikan Pancasila ini dengan tindakan nyata dan konkret. Bukan hanya selogan,"tegas Benny. 

Direktur Hubungan Antar Lembaga dan Kerja sama BPIP, Elfrida Herawati Siregar menjelaskan, bahwa Panca Mandala atau pentahelix bermakna lima lingkaran yang saling bertaut membentuk ikatan yang kuat. 

Jejaring Panca Mandala dimaksudkan untuk menyediakan wadah bagi lima stakeholder penting dan strategis dalam upaya pembumian ideologi Pancasila hingga pelosok tanah air. 

Baca juga : Budaya Literasi Cerdaskan Anak Bangsa Dan Wujudkan SDM Unggul

Di mana pemerintah memiliki kekuatan politik, akademisi memiliki kekuatan ilmu pengetahuan, pelaku usaha memiliki kekuatan ekonomi, media memiliki kekuatan akses informasi dan masyarakat memiliki kekuatan sosial ," jelas Elfrida. 

Provinsi Lampung menjadi Provinsi ke-lima pembentukan Jejaring Panca Mandala (pionir) dan dapat menginspirasi Provinsi lain di Indonesia, karena kedepannya Jejaring Panca Mandala akan dibentuk di 34 Provinsi. [DIR]
 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.