BREAKING NEWS
 

Satu Dusun Golput Gara-gara Belum Ada Listrik, Ketua DPD Minta Pemerintah Beri Perhatian

Reporter & Editor :
UJANG SUNDA
Jumat, 11 Desember 2020 23:09 WIB
Ketua DPD LaNyalla Mahmud Mattalitti (Foto: Dok. DPD)

RM.id  Rakyat Merdeka - Gara-gara belum ada listrik, seluruh warga Dusun Geruguk, Desa Kumang Jaya, Kecamatan Empanang, Kabupaten Kapuas Hulu, Kalimantan Barat, memutuskan golput pada Pilkada 2020. Ketua DPD LaNyalla Mahmud Mattalitti miris mendengar kabar ini. Dia pun meminta peristiwa ini menjadi perhatian serius pemerintah, terutama Pemkab Kapuas Hulu.

"Kejadian warga satu kampung di Kapuas Hulu, Kalimatan Barat, golput sebagai bentuk protes karena dusunnya belum dialiri listrik merupakan sebuah ironi yang harus jadi perhatian kita bersama," ujar LaNyalla, dalam keterangan yang diterima redaksi, Jumat (11/12).

Dalam hari pencoblosan Pilkada Kapuas Hulu, TPS di Dusun Geruguk benar-benar sepi. KPU menyebut, hanya 11 orang yang menyalurkan hak pilih di TPS. Yang menyalurkan hak suara hanya petugas TPS di daerah tersebut. Warga Dusun Geruguk memilih golput sebagai bentuk protes.

Baca juga : Bamsoet Minta Pemerintah Penuhi Kebutuhan Minimum Vaksin Corona

"Ini merupakan pesan yang harus segera diperhatikan pemerintah, khususnya pemerintah daerah. Oleh karena itu, Pemkab Kapuas Hulu, Pemprov Kalbar, hingga Pemerintah Pusat, termasuk juga PLN, harus merespons cepat," pinta LaNyalla.

Adsense

Senator asal Dapil Jawa Timur itu meminta pemerintah segera memprioritaskan pembangunan infrastruktur listrik untuk warga Dusun Geruguk. LaNyalla berharap, warga Dusun Geruguk tidak kesulitan lagi.

"Listrik merupakan kebutuhan pokok masyarakat. Sehingga aksi protes yang dilakukan warga sangat wajar bila di era modern seperti ini, masih ada yang rumahnya belum mendapat aliran listrik," tuturnya.

Baca juga : Viral Video Adzan Jihad, Wamenag Ajak Pimpinan Ormas Beri Pencerahan

LaNyalla menyebut, kejadian golput di Kapuas Hulu menjadi pekerjaan rumah bagi pemerintah. Ini membuktikan bahwa masih banyak yang harus dilakukan pemerintah untuk menunjang kesejahteraan rakyat.

"Hal ini harus menjadi perhatian serius Bupati terpilih di Kapuas Hulu. Kepala daerah terpilih sebaiknya merespons cepat protes warga. Bupati terpilih harus sensitif dan cepat tanggap terhadap harapan warga. Apalagi masalah listrik merupakan hal penting dalam kehidupan," sambung mantan Ketum KADIN Jatim itu.

LaNyalla juga meminta senator Dapil Kalimantan Barat untuk ikut mengawal protes dari warga Dusun Geruguk. Selain itu, ia mengimbau DPD di Kalimantan Barat untuk mendata desa-desa mana saja yang belum mendapat aliran listrik sehingga bisa sama-sama mendapat perhatian.

Baca juga : Peringatan Fachrul Ke ASN Kemenag: Jangan Beda Sikap Dengan Pemerintah

"Saya meminta para senator di Kalimatan Barat untuk memberi pendampingan kepada warga yang rumahnya belum mendapat aliran listrik. Aspirasi mereka harus terus kita kawal," tegas LaNyalla. [USU]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tags :

Berita Lainnya
 

TERPOPULER

Adsense