BREAKING NEWS
 

Menunggu Aksi Kapolri Baru

Reporter & Editor :
SUPRATMAN
Kamis, 28 Januari 2021 06:36 WIB
SUPRATMAN

RM.id  Rakyat Merdeka - Humor ini masih ada sampai sekarang : “Kalau lapor polisi kehilangan kambing, kita malah bisa kehilangan sapi”.

Humor itu bukan hanya hidup di masyarakat, tapi juga di kalangan polisi. Tahun 2015, Komjen Budi Waseso saat menjabat Kabareskrim Polri, pernah menyinggung soal ini.

“Atau, kalau kehilangan sapi, dan lapor polisi, bisa ikut kehilangan kandangnya,” kata Budi Waseso yang sekarang menjabat Dirut Perum Bulog.

Baca juga : Awas, Korupsi Masa Pandemi

Humor klasik itu menggambarkan, kalau berhubungan dengan polisi harus menyiapkan dana yang tidak sedikit untuk penanganan kasus. Salah satu alasannya karena “anggaran minim”.

Saat itu, Budi berjanji akan berupaya menghilangkan imej itu. Sampai sekarang, upaya itu masih terus dilakukan.

Jenderal Listyo Sigit Prabowo, yang kemarin dilantik sebagai Kapolri, bertekad memperbaiki citra polisi. Bukan hanya sekadar urusan “kambing atau sapi”. Lebih dari itu.

Baca juga : Ngaku Salah, Selanjutnya?

Tagline-nya: Presisi. Atau, polisi yang prediktif, responsibilitas dan transparansi berkeadilan. Itu komitmen yang bagus dari jenderal lulusan Akpol 1991 ini. Layak didukung.

Program turunan serta prioritasnya, juga banyak. Ada belasan. Mulai dari polisi yang diharuskan mengikuti kajian “kitab kuning”, menghidupkan kembali Pamswakarsa, polisi tanpa pistol dan polsek tanpa penyidikan. Polisi juga tak boleh menilang. Kesejahteraan anggota juga jadi perhatian.

Adsense

Saat fit and proper test di DPR, Jenderal Listyo juga berjanji bahwa polisi tidak akan “tajam ke bawah tapi tumpul ke atas.”

Baca juga : Ingat, 6 Detik 1 Lapangan Bola!

Salah seorang anggota DPR, saat itu juga mengingatkan supaya polisi jangan “hanya tajam ke kanan, tapi tumpul ke kiri”. Atau, menurut anggota DPR itu, jangan hanya tajam ke kelompok pengkritik pemerintah tapi tumpul ke kelompok yang dekat dengan pemerintah.

Janji dan tekad Kapolri serta masukan-masukan dari masyarakat itu, semuanya baik. Sekarang tinggal pembuktiannya di lapangan. Penerapannya. Mewujudkannya. Tentu, ini tantangan menarik buat Kapolri.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tags :

Berita Lainnya
 

TERPOPULER

Adsense