BREAKING NEWS
 

Menagih Solusi Papua

Reporter & Editor :
SUPRATMAN
Selasa, 21 September 2021 07:15 WIB
SUPRATMAN

 Sebelumnya 
Bukan hanya itu. Sebelumnya, empat anggota TNI gugur di Distrik Aifat Selatan, Kabupaten Maybrat, Papua Barat. Mereka ditembak KKB.

Ini sudah serius. Karenanya, pendekatannya harus menyeluruh. Tidak hanya fokus terhadap KKB. Para pemangku kebijakan perlu kembali ke meja diskusi. Duduk bersama. Evaluasi total dan menyeluruh. Terbuka. Apa adanya. Lalu lahirkan kebijakan cepat dan tepat. Eksekusi.

Baca juga : Heboh “Nyanyian” Krisdayanti

Karena, KKB bukan satu-satunya masalah di Papua. Ada juga isu-isu lain. Misalnya, isu lingkungan, bisnis, ekonomi, anggaran, pemekaran wilayah dan kesejahteraan.

Ada juga tantangan lain yang memperlambat proses. Misalnya, kualitas dan daya saing sumber daya manusia. Tata kelola pemerintah yang belum memadai, juga jadi tantangan tersendiri. Kekayaan alam Papua yang luar biasa, juga perlu dikelola optimal dan bijaksana.

Baca juga : Skenario 20 Tahun

Sekarang, Papua bersiap menjadi tuan rumah Pekan Olahraga Nasional (PON). Multi event ini digelar pada 2-15 Oktober 2021. Potensi ancaman perlu diantisipasi serius.

Karena itu, bisa dipahami kalau Mahfud MD ditagih soal Papua. Para pejabat, bukan hanya Mahfud, memang harus siap ditagih. Apalagi kalau pernah berjanji. Bahkan, tak ada janji pun, rakyat bisa menagih hak-haknya.

Baca juga : Dua Isu BPK

Rakyat berhak menjadi “debt collector”. Termasuk soal Papua. Mengganggapnya sepele atau rutinitas yang banal hanya menjadikannya sebagai PR panjang tak berkesudahan. Kian sulit, mahal dan melelahkan.(*)

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tags :

Berita Lainnya
 

TERPOPULER

Adsense