Dark/Light Mode

Hadir di Solo, Fesbul Dukung Film Lokal ke Ranah Komersil

Rabu, 6 Maret 2024 10:29 WIB
Festival Film Bulanan (Fesbul) sukses menyelenggarakan workshop bertajuk Passion, Roots, Movement di Solo 1-3 Maret 2024. (Foto: Istimewa)
Festival Film Bulanan (Fesbul) sukses menyelenggarakan workshop bertajuk Passion, Roots, Movement di Solo 1-3 Maret 2024. (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Festival Film Bulanan (Fesbul) sukses menyelenggarakan workshop bertajuk 'Passion, Roots, Movement' di Solo 1-3 Maret 2024.

Hal ini dilakukan dalam rangka meningkatkan kualitas dan ekspresi kreatif Fesbul dengan dukungan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) untuk para sineas muda di Lokus 1 Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) dan Jawa Tengah.

Acara ini menjadi wadah bagi 20 peserta terpilih untuk mengeksplorasi dunia perfilman dari berbagai perspektif.

Fokus utama Workshop Film Fesbul tahun ini adalah pada aspek penulisan, penyutradaraan, dan produserial film, yang disajikan melalui pembelajaran intensif dan interaksi langsung dari para ahli di bidangnya yaitu, John Badalu (produser), M. Reza Fahriansyah (penulis), dan Wahyu Agung Prasetyo (sutradara) bertindak sebagai mentor selama acara.

Koordinator Film, Animasi, Video dan Fotografi Kemenparekraf Imam Wuryanto menjelaskan, acara ini bertujuan untuk membimbing para pembuat film menuju ranah komersil.

Baca juga : Bamsoet Dukung Touring Lintas Negara Para Klub Otomotif

"Workshop Film Fesbul diselenggarakan di berbagai daerah untuk memberikan kesempatan kepada sineas Indonesia dalam mengekspresikan diri dan karyanya," ujar Imam dalam keterangan resminya, Rabu (6/3/2024).

Pada hari pertama, peserta menyuguhkan ide cerita mereka, diikuti dengan pemaparan materi dari para mentor.

M. Reza Fahriansyah berbagi pengetahuannya tentang penulisan naskah.

Sementara Wahyu Agung Prasetyo membahas tentang aspek penyutradaraan, dan John Badalu memberikan wawasan seputar produserial film.

Hari kedua Workshop dilanjutkan dengan sesi One on One Mentoring, di mana para peserta mendapatkan kesempatan untuk berkonsultasi secara langsung dengan para mentor tentang future project mereka.

Baca juga : Hari Gizi Nasional, Nestlé Dukung Upaya Turunkan Stunting di Indonesia

Sementara di hari terakhir, acara diisi dengan sesi Viewing Project, Discussion & Networking, para peserta bisa mempresentasikan karya mereka dan berdiskusi untuk kemungkinan kolaborasi di masa depan.

Salah satu mentor John Badalu, mengatakan, banyak sekali cerita yang mengangkat kearifan lokal, ini menjadi hal menarik karena cerita yang disajikan menjadi sangat unik.

"Harapan saya semoga para peserta workshop ini bisa merealisasikan karya mereka dan juga membangun kolaborasi bersama agar terbentuk komunitas yang lebih besar lagi," tutur John.

Workshop Film Fesbul memberikan kesempatan bagi 2 future project terbaik dari seluruh lokus untuk terjun ke dunia komersil dan berpartisipasi dalam film market festival internasional di tahun 2025.

Kegiatan ini juga menyuguhkan program pemutaran film, yang menghadirkan beberapa karya seperti 'Basri & Salma in a Never-ending Comedy','Kembalilah dengan Tenang', 'Sinyal Tresna', dan 'Where The Wild Frangipanis Grow'.

Baca juga : Cegah Polarisasi, FIM Dukung Pilpres 2024 Sekali Putaran

Pemutaran film ini tidak hanya memberi inspirasi, tetapi juga menjadi platform untuk memahami berbagai pendekatan kreatif dalam pembuatan film.

Untuk melanjutkan semangat ini, Fesbul juga membuka peluang bagi para sineas di wilayah Banten & Jawa Barat melalui program Open Submission Lokus 2.

Periode pengiriman karya adalah dari 2-12 Maret mendatang. Dengan semangat dan komitmen untuk mendukung perkembangan perfilman di Indonesia, Fesbul terus menghadirkan inisiatif-insiatif yang memperkuat ekosistem kreatif dan memupuk bakat-bakat muda yang berpotensi.

Melalui acara ini, diharapkan perfilman lokal dapat tumbuh dan menghasilkan kolaborasi-kolaborasi serta karya-karya yang berkualitas untuk dinikmati oleh masyarakat luas. Untuk informasi lebih lanjut, kunjungi web resmi Fesbul di www.fesbul.id.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.