Dark/Light Mode

Seleb TikTok Dukung Demo Omnibus Law

Sabtu, 10 Oktober 2020 07:52 WIB
Artis TikTok Clara Shinta. (Foto: ist)
Artis TikTok Clara Shinta. (Foto: ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Kampanye penolakan Undang-Undang (UU) Cipta Kerja di TikTok tak kalah ramai dengan aksi demonstrasi. Bahkan beberapa seleb TikTok turun ke jalan membantu memasok makanan untuk para demonstran.

Polemik Omnibus Law UU Cipta Kerja makin meluas. Di media sosial, aksi penolakan UU yang dipelesetkan UU Cilaka itu berwujud ragam meme, narasi, dan video lucu. Di dunia nyata, bukan hanya warga, mahasiswa, dan buruh yang turun ke jalan. Para pengguna dan seleb TikTok pun ramai aktif mendukung para demonstran.

Mereka terpantau kompak turun ke jalan untuk mem­ bagikan makanan kepada para demonstran yang sudah menyuarakan suara rakyat kecil. Seperti yang dilakukan oleh kreator konten TikTok dengan akun @cahyanirynn. Dalam sebuah video, ia membagikan momen kala memesan barpaket­-paket makanan dan minuman dari gerai fast food. Paket makanan itu berupa nasi dan ayam goreng crispy lengkap dengan minuman segar. Makanan itu kemudian di bawa ke lokasi demo untuk dibagikan kepada demonstran

Baca juga : 18 Halte Rusak Dan Dibakar Saat Aksi Demo Omnibus Law

“Bismillah TBH turun ke jalan, semangat buat kakak­ kakakku dan lain­lain yang turun ke jalan, mahasiswa mahasiswi anak stm dll. Tetap jaga kesehatan dan pakai masker,” tulisnya pada caption.

Selain itu, juga ada Clara Shinta yang dikenal dengan akun TikTok @clarashintta. Kamis lalu, ia dan timnya juga turun ke lokasi demo yang berada di kawasan Thamrin, Jakarta Pusat.

“Tunai sudah kewajiban kami mewakilkan kalian semua, semoga negri kita cepat pulih, DARI TIKTOK UNTUK INDONESIA,” tulisnya pada caption.

Baca juga : Gelar Pelatihan Dan Perbaikan PAUD, BTN Dukung Sektor Pendidikan

Makanan yang dibagikan Clara berupa nasi Padang dan air mineral. Ia dan tim juga berkeliling untuk membagikan paket makanan kepada demonstran. Dalam video tampak awal­ nya suasana demo kondusif, hingga akhirnya berubah menjadi ricuh. Asap tebal juga terlihat mengepul dari aksi pembakaran halte Trans Jakarta.

Aksi solidaritas juga dilakukan oleh Tasya revina @tasyarev. Kreator yang dikenal dengan konten tanya jawab itu juga turun ke jalan untuk memberi dukungan kepada demonstran. 

Ia mendatangi kawasan demo yang berada di kawasan Kebon Sirih, Jakarta Pusat. Ia dengan dibantu teman­teman dan tim juga membagikan makanan kepada pendemo.

Baca juga : Kemenhub Dukung Keselamatan Pesepeda

Sebelummya, para pengguna TikTok menggaungkan tagar #mositidakpercaya kepada pemerintah dan DPr. Salah satu akun yang menggunakan tagar itu adalah @avan­ thelove. Dia bikin video yang menceritakan tentang sosok wakil rakyat yang suka tidur dan mematikan mikrofon saat dirinya hendak menyampaikan aspirasi.

“Mute” tulis @avanthelove seraya menyertakan #fyp #mositidakpercaya Ada pula akun @WyX yang membuat video tentang pembagian tugas sejumlah pihak dalam merespon tindakan DPR. Dalam videonya, dia menyebut mahasiswa berperan untuk demo. Sedangkan K­Popers bertugas untuk menaikkan tagar di Twitter. Sedangkan anak STM bertugas menga­ mankan mahasiswa yang demo. [TAR]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.