Dark/Light Mode

Jadi Salah Satu Penentu Kemenangan Pilpres, Ke Mana Suara Pemilih Jokowi Bakal Berlabuh?

Gojali Harahap: Terlihat Pak Jokowi Mendukung Prabowo

Rabu, 17 Mei 2023 06:43 WIB
Sekretaris Prabowo Mania 08 Ahmad Gojali Harahap
Sekretaris Prabowo Mania 08 Ahmad Gojali Harahap

RM.id  Rakyat Merdeka - PEMILIH Jokowi, diprediksi menjadi salah satu faktor penentu kemenangan dalam pemilihan Presiden (Pilpres) 2024.

Karena itu, beberapa bakal Calon Presiden (Capres) mencoba memperebutkan suara para pemilih Jokowi pada Pemilu sebelumnya. Yang menjadi pertanyaan, ke mana pemilih Jokowi berlabuh. Ke Ganjar Pranowo ataukah Prabowo Subianto.

Dalam konteks ini, menurut survei Charta Politika Indonesia pada 2-7 Mei 2023, 61 persen responden menyatakan dukungan kepada Ganjar. Survei ini diikuti 1.220 responden berusia minimal 17 tahun. Margin of error survei 2,82 persen. 

Kemudian, sebanyak 18 persen responden memberikan dukungannya kepada Prabowo. Kemudian, 14 persen kepada Anies Baswedan.

Sementara itu, dalam simulasi tiga nama Calon Presiden, elektabilitas Ganjar sebesar 38,2 persen. Di posisi kedua, ada Prabowo dengan elektabilitas 31,1 persen. Selanjutnya, Anies dengan elektabilitas 23,6 persen.

“Dari keseluruhan pemilih Jokowi- Ma’ruf, 61 persen menyatakan memilih Ganjar. Hanya 18 persen yang menyatakan memilih Prabowo,” ujar Direktur Eksekutif Charta Politika Yunarto Wijaya dalam jumpa pers virtual, Senin (15/5).

Di level pemilih itu, menurut Yunarto, tidak terjadi kebingungan seperti yang ditafsirkan dalam peristiwa Musyawarah Rakyat (Musra) kemarin, atau acara-acara relawan Jokowi. “Mayoritas memilih Ganjar,” tandasnya.

Yunarto mengatakan, Ganjar mendapatkan sedikit suara dari pemilih Prabowo-Sandiaga Uno pada Pilpres 2019. Menurutnya, pemilih Prabowo-Sandi yang memilih Ganjar hanya 8 persen. 

Baca juga : Jokowi Sengaja Tak Undang Paloh

Sedangkan pemilih Prabowo-Sandi kebanyakan memilih Prabowo sebagai Capres 2024, yakni 53 persen. Sekretaris Prabowo Mania 08 Ahmad Gojali Harahap yakin, pemilih Jokowi akan memilih Prabowo. 

“Karena, sampai hari ini terlihat betul endorsan Jokowi ke Prabowo,” ujar mantan Sekretaris Jokowi Mania ini.

Ketua Umum Relawan Ganjarist, Kris Tjantra mengaku tidak kaget jika pemilih Jokowi ke Ganjar. “Wajar jika 61 persen pendukung Jokowi memilih Ganjar,” katanya.

Untuk lebih jelasnya, berikut wawancara dengan Ahmad Gojali Harahap mengenai hal ini:

Survei Charta Politika, 61 per­ sen pemilih Jokowi ke Ganjar bu­ kan ke Prabowo. Anda percaya?

Ya, namanya juga survei. Kami anggap itu biasa saja. Survei itu tren-nya memang naik turun. Kemarin Prabowo sudah naik, dan terlihat betul pendukung Jokowi mengarah ke Prabowo.

Namun, setelah ada kepastian Ganjar maju, sebagian kembali ke Ganjar. Tapi, kami optimis pada akhirnya ke Prabowo lagi.

Kenapa Anda yakin pemilih Jokowi ke Prabowo?

Baca juga : Pengamat: Pendukung Pemilih Jokowi Berpaling Ke Prabowo

Karena sampai hari ini, terlihat betul endorsan Jokowi ke Prabowo.

Apa contohnya?

Bisa kita lihat saat acara Musra, Jokowi menyebut beberapa clue. Misalnya, soal keberanian atau Capres yang berani. Kalau barometernya berani, itu Prabowo. 

Tidak ada calon yang lebih berani dibandingkan Prabowo.

Anda yakin?

Yakin, dan yang merapat ke Prabowo itu bukan hanya relawan Jokowi. Partai politik juga sudah mulai mendekat ke Prabowo.

Versi Anda, partai apa yang mu­lai mendekat?

Sekarang sedang dikomunikasikan dengan Golkar. Golkar hampir dipastikan bersama Prabowo, karena arahnya Jokowi ke Prabowo. Apalagi, Prabowo menyerahkan ke Jokowi untuk menentukan cawapresnya.

Baca juga : Tambah Pengetahuan Praja Soal Pemulihan Ekonomi Daerah, IPDN Undang Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka

Pak Jokowi benar-benar mendukung Prabowo. Itu terlihat sekali dari perkataan dan bahasa tubuhnya.

Apakah Anda yakin jika mende­kati Pemilu, pendukung Jokowi akan mendukung Prabowo?

Kami yakin, banyak yang berbalik mendukung Prabowo, karena Jokowi terlihat nyaman dengan Prabowo.

Apa bukti kenyamanan itu?

Jokowi sudah berkali-kali menyebut dan mengarahkan ke Prabowo. Bahasa tubuhnya dan kepercayaan itu, sebagai bukti yang bisa kita lihat.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.