Dark/Light Mode

Tambah Pengetahuan Praja Soal Pemulihan Ekonomi Daerah, IPDN Undang Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka

Kamis, 24 Februari 2022 16:26 WIB
Rektor IPDN Hadi Prabowo. (Foto: Humas IPDN)
Rektor IPDN Hadi Prabowo. (Foto: Humas IPDN)

RM.id  Rakyat Merdeka - Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN) kembali menggelar stadium general sesi II, di Kampus IPDN Jatinangor, Jawa Barat, pada Kamis (24/2).

Dalam acara bertajuk "Upaya dan Inovasi Percepatan Pemulihan Ekonomi Daerah untuk Mendorong Pertumbuhan Ekonomi Nasional" ini, IPDN mengundang empat Walikota yang dianggap sukses memimpin daerahnya.

Mereka adalah Wali Kota Makassar Ramdhan Pomanto, Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka, Bupati Gorontalo Nelson Pomalingo, dan Bupati Batu Bara, Zahir.

Acara ini merupakan rangkaian kegiatan pada acara dies natalis IPDN ke-66. Selain kegiatan stadium general yang dilaksanakan selama dua hari ini, IPDN juga akan melaksanakan kegiatan vaksin masal di Provinsi Jawa Tengah.

Baca juga : Belajar Soal Pemulihan Ekonomi Di Tengah Pandemi Covid-19, Praja IPDN Dikuliahi Tiga Gubernur

Tepatnya, di Kabupaten Batang, Kabupaten Kendal dan Kota Semarang pada tanggal 26-28 Februari 2022. Kegiatan vaksinasi masal yang bekerja sama dengan TNI Angkatan Laut (AL). 

Rektor IPDN Hadi Prabowo mengatakan, kegiatan ini dilaksanakan dengan tujuan untuk memberikan pengetahuan baru terkait upaya-upaya pemulihan ekonomi dan bagaimana antisipasi serta inovasi yang dilakukan pemerintah daerah dalam menyikapinya.

"Semoga ini dapat menambah insight baru bagi para praja, ASN dan audiens terkait potensi-potensi daerah dari ke-4 Walikota dan Bupati yang akan hadir di sini, juga terkait inovasi-inovasi yang dilakukan masing-masing pimpinan daerah di dalam mengahadapi pandemi Covid-19 serta upaya percepatan pemulihan ekonomi yang dilakukannya," kata Hadi, saat memberikan sambutan, Kamis (24/2).

Diingatkannya, ekonomi merupakan hal yang penting untuk kemajuan daerah, baik kaitannya terhadap capaian RPJMD maupun kontribusi capaian target RKP, mau pun RPJMN. Kabar baiknya, saat ini capaian pertumbuhan ekonomi Indonesia sudah sesuai dengan proyeksi pemerintah.

Baca juga : Belajar Soal Pemulihan Ekonomi Di Masa Pandemi, Praja IPDN Dikuliahi Ridwan Kamil Dan Olly Dondokambey

Menurut Hadi, keberhasilan Indonesia dalam pertumbuhan ekonomi sebesar 3,69 persen dipengaruhi beberapa hal. Seperti, penanganan Covid-19, tingkat partisipasi masyarakat yang tinggi di dalam penerapan protokol kesehatan (prokes) dan pelaksanaan vaksinasi.

Serta kebijakan stimulus dari pemerintah juga sinergitas beberapa otoritas di dalam pemantapan stabilitas dan percepatan pertumbuhan ekonomi.

Hal inilah yang mendasari Rektor IPDN untuk mengundang pimpinan-pimpinan daerah yang dinilai memiliki prestasi gemilang terutama dengan kaitannya terkait pertumbuhan ekonomi selama pandemi ini.

Makassar di bawah kepemimpinan Ramdhan mampu mencapai pertumbuhan ekonomi sebesar 4,65 persen pada tahun lalu. "Kiprahnya membangun Kota Makassar juga dapat dijadikan bahan percontohan untuk kita semua," tuturnya. 

Baca juga : Di Luar Jawa Bali, Pemerintah Siapkan Isoter 2-3 Kali Lipat Dibanding Masa Delta

Sedangkan Solo, Batu Bara dan Gorontalo, masih bisa mempertahankan ekspornya di tengah pamdemi Covid-19. "Kita lihat kemampuan ekspor di Solo mencapai 15,57 persen, Batu Bara 13,71 persen dan Gorontalo 10,97 persen. Ketiga daerah ini memiliki kemampuan yang baik dalam mempertahankan ekspornya di tengah pandemi," beber Hadi.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.