Dark/Light Mode

Barang Milik Pekerja Migran Diusulkan Bebas Bea Masuk

Rahmad Handoyo: Bebas Bea Masuk Barang PMI Rawan Ditumpangi

Minggu, 6 Agustus 2023 06:43 WIB
Rahmad Handoyo, Anggota Komisi IX DPR Fraksi PDIP
Rahmad Handoyo, Anggota Komisi IX DPR Fraksi PDIP

RM.id  Rakyat Merdeka - Wakil Ketua Komisi IX DPR Kurniasih Mufidayati mengusulkan agar Pekerja Migran Indonesia (PMI) mendapatkan keringanan dan kemudahan dalam pengiriman barang ke Indonesia. Hal itu merupakan langkah penghormatan bagi pahlawan devisa.

Kurniasih mengungkapkan, banyak PMI mengeluhkan barang-barangnya dibongkar oleh petugas Bea Cukai (BC). Beberapa bahkan melaporkan barang hilang atau tidak sampai. Bahkan, ada oknum yang meminta sejumlah uang untuk pengiriman barang sampai ke alamat.

“Kami sudah melaporkan dalam rapat kerja dengan BP2MI (Badan Pelindungan Pekerja Migran Indonesia),” ungkapnya.

Baca juga : Kurniasih Mufidayati: Pahlawan Devisa Wajar Dapat Bebas Bea Masuk

Politisi Partai Keadilan Sejahtera (PKS) ini menilai wajar jika PMI mendapatkan pembebasan bea masuk. Pasalnya, PMI sudah berkontribusi untuk negara. “Mereka sudah kita akui sebagai pahlawan devisa,” katanya.

Sementara, anggota Komisi IX DPR Fraksi PDI Perjuangan Rahmad Handoyo mengatakan, kebijakan bebas bea masuk bagi barang milik PMI justru rawan ditumpangi.

Rahmad khawatir, banyak pihak yang tidak bertanggung jawab memanfaatkan kebijakan tersebut untuk memasukkan barang ke Tanah Air tanpa bea masuk.

Baca juga : Turis Ugal-ugalan Di Bali Bisa Masuk Daftar Hitam

Untuk membahas topik ini lebih lanjut, berikut wawancara dengan Rahmad Handoyo.

Apa tanggapan Anda mengenai usulan PKS agar barang-barang milik PMI mendapatkan pembebasan bea masuk saat kembali ke Tanah Air?

Secara prinsip kami harus mem­bantu agar barang-barang PMI yang dibawa pulang ke Indonesia itu mendapat kemudahan. Jadi saya kira wajar diberikan proses perbantuan ya. Namun demikian, proses perbantuan itu tidak serta merta kita berikan bebas bea masuk barang yang masuk ke Indonesia.

Baca juga : BMKG: Gempa Majene Minim Susulan, Waspada Masih Ada Medan Tegangan Tersimpan

Terus bentuk perbantuannya seperti apa?

Begini, kita harus menggunakan asas kehati-hatian. Jangan sampai niat baik, niat mulia diberikan ke­mudahan, namun ada celah untuk disalahgunakan oleh oknum.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.