Dark/Light Mode

Beragam Jurus Atasi Polusi Belum Meraih Hasil Optimal

Abdurrahman Suhaimi: Bersepeda Mesti Digalakkan Lagi

Minggu, 27 Agustus 2023 06:30 WIB
Abdurrahman Suhaimi, Anggota Komisi D DPRD DKI. Foto: Dok. Rakyat Merdeka/rm.id
Abdurrahman Suhaimi, Anggota Komisi D DPRD DKI. Foto: Dok. Rakyat Merdeka/rm.id

 Sebelumnya 
Apa usul Anda untuk mengatasi polusi udara di Jakarta?

Saya teringat apa yang dilakukan Pak Anies Baswedan. Pertama, transportasi massal yang terintegrasi, sehingga memudahkan orang ke sana kemari. Orang jadi menyukai naik kendaraan umum. Itu harus dikembangkan terus. Harus dijaga, sehingga orang nyaman naik kendaraan umum. 

Selain itu?

Kedua, jalur-jalur sepeda yang dibangun Pak Anies itu harus dirawat. Orang digemarkan untuk bersepeda. Waktu itu banyak klub sepeda. Intinya, Pemerintah harus memberikan kenyamanan bagi orang yang suka bersepeda. 

Baca juga : Gembong Warsono: Usia Kendaraan Perlu Dibatasi

Kalau itu digalakkan, polusi akan berkurang, masyarakat sehat. Kan banyak itu orang ke kantor sambil bersepeda, berolahraga. Itu tetap harus dijaga. 

Bagaimana kondisi saat ini?

Sekarang, sudah ada jalur sepeda yang dirombak, sehingga masyarakat tidak nyaman bersepeda. Jadi, orang lebih memilih pakai kendaraan bermotor lagi.

Apa lagi saran Anda?

Baca juga : Di Atas 3 Derajat, Hilal Awal Ramadan Berpeluang Besar Dapat Dirukyat

Meningkatkan transportasi awal manusia.

Maksud Anda berjalan kaki?

Kalau trotoarnya nyaman, sejuk, orang akan nyaman berjalan kaki sekaligus berolahraga. Nah, itu harus dijaga dan dirawat. Tapi, banyak trotoar yang sudah dibangun, kini dibongkar lagi. Orang jadi tak nyaman berjalan kaki. 

Apakah itu akan maksimal mengatasi polusi di Jakarta?

Baca juga : Hasil Istikharah, Iwan Bule Mantap Tak Calonkan Diri Lagi

Perlu ada langkah lain juga. Misalnya, di Jakarta International Stadium (JIS). Di sana, parkirnya dibatasi. Supaya, orang naik transportasi umum dari mana-mana, lalu berjalan kaki. Itu salah satu solusi penanganan polusi di Jakarta. NNM

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.