Dark/Light Mode

Jabatan Gubernur Jakarta Baiknya Ditunjuk Presiden Atau Via Pilkada?

Firman Soebagyo: Golkar Mengusulkan Tetap Melalui Pilkada

Kamis, 7 Desember 2023 06:30 WIB
Firman Soebagyo, Anggota Baleg DPR. Foto: Dok. Rakyat Merdeka/rm.id
Firman Soebagyo, Anggota Baleg DPR. Foto: Dok. Rakyat Merdeka/rm.id

 Sebelumnya 
Bagaimana sikap Golkar mengenai usul, agar Gubernur Jakarta ditunjuk Presiden?

Sikap kami soal RUU DKJ, Fraksi Golkar jelas mengusulkan, tetap seperti posisi sekarang ini. 

Maksudnya?

Gubernur dipilih secara demokratis melalui Pilkada. Sedangkan Bupati dan Wali Kota, ditetapkan Gubernur. DPRD-nya di tingkat provinsi saja.

Baca juga : Achmad Baidowi: PPP Usul Gubernur Jakarta Dipilih DPRD

Kenapa begitu?

Kami melihat situasi dan kondisi saat ini, berhadapan dengan masalah politik. Kami harus menyikapinya penuh kehati-hatian. 

Apalagi, ada juga pendapat masyarakat, terutama warga Betawi dan partai politik yang menghendaki Jakarta posisinya sepadan atau setara dengan provinsi lain, setelah tidak menjadi Ibu Kota negara. Namun, ketika kami berdiskusi, Jakarta akan tetap menjadi provinsi khusus. Maka, saya menyikapi kekhususan itu.

Apa kekhususan itu?

Baca juga : Pandemi Terkendali, Presiden Minta Jangan Kendor dan Tetap Waspada

Kekhususannya, Jakarta akan dijadikan pusat perdagangan internasional dan domestik.

Maka, saya berpendapat, harus ada sikap yang tegas dan jelas dari DPR dan Pemerintah. 

Kalau Jakarta mau dijadikan otoritas penuh, maka proses perizinan tidak boleh terlampau birokratis. Sehingga, investor domestik maupun internasional ada kepastian dan jaminan hukum.

Apakah ada usulan lain?

Baca juga : Larang Peserta Pilkada Berkampanye Terbuka

Dalam perkembangannya, ada penawaran-penawaran. Apakah dijadikan provinsi administrasi penuh, apakah Presiden menetapkan Gubernur dan Wakil Gubernur, atau tetap seperti sekarang.

Apakah ada jalan keluarnya?

Fraksi Golkar menyatakan, supaya bisa mengakomodir semua kepentingan dan semua pihak, maka posisi Jakarta tetap seperti sekarang. Gubernur dipilih melalui Pilkada. Sedangkan Bupati atau Wali Kota, dipilih Gubernur. Itu pendapat Golkar. REN

Artikel ini tayang di Harian Rakyat Merdeka Cetak edisi Kamis, 7 Desember 2023 dengan judul "Jabatan Gubernur Jakarta Baiknya Ditunjuk Presiden Atau Via Pilkada?, Firman Soebagyo: Golkar Mengusulkan Tetap Melalui Pilkada"

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.