Dark/Light Mode

Transaksi Janggal Di Rekening Partai Politik Hebohkan Publik

Fadli Ramadhanil: Dapat Diteruskan Ke Proses Hukum

Senin, 18 Desember 2023 06:50 WIB
Fadli Ramadhanil, Program Manager Perludem. Foto: Dok. Rakyat Merdeka/rm.id
Fadli Ramadhanil, Program Manager Perludem. Foto: Dok. Rakyat Merdeka/rm.id

 Sebelumnya 
Bagaimana Anda melihat laporan PPATK tentang aliran dana ratusan miliar keluar masuk di rekening parpol ini?

Yang bisa dilakukan dalam  waktu dekat ini, adalah Bawaslu segera berkoordinasi dengan PPATK untuk mengecek beberapa hal.

Apa yang harus dicek? 

Salah satunya adalah, apakah benar ada aliran uang itu kepada calon anggota legislatif yang saat ini sedang berkampanye. Karena, peserta pemilu baik caleg atau partai, ada kualifikasi. 

Baca juga : Idham Holik: Kami Tidak Terima Rinci Data Transaksi

Mereka bisa menerima sumbangan dari perorangan atau badan hukum, tetapi itu harus dilaporkan. Ada prasyarat atas sumbangan, bahwa tidak boleh dari hasil kejahatan, kemudian harus dicatatkan. Maka, harus segera diperiksa. 

Sebaiknya, apa langkah berikutnya?

Hasil pemeriksaan PPATK ini, bisa ditindaklanjuti dengan proses penegakan hukum. Ini akan membuat transparansi dan akuntabilitas dana kampanye lebih baik. Ini yang harus didorong. 

Saran Anda?

Baca juga : Transaksi Produk Kesehatan di Tokopedia Naik Lebih dari 11 Kali Lipat Di Kuartal III-2023

Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) dan Komisi Pemilihan Umum (KPU) bisa berkoordinasi, agar membuat terang informasi ini. Tidak hanya membuat terang, namun memprosesnya sesuai mekanisme penegakan hukum.

Apa saja yang harus ditelusuri lebih lanjut? 

Aktornya siapa saja. Lalu, besarannya berapa. Apakah itu berbenturan dengan aturan dana kampanye yang berbenturan dengan dana Pemilu. Kalau berbenturan, maka proses penegakan hukum bisa dilakukan oleh Bawaslu.

Secara aturan, penegakan hukumnya seperti apa itu?

Baca juga : Charta Politika: Sebagian Publik Percaya Ada Campur Tangan Jokowi Di Putusan MK

Setiap uang yang dikeluarkan oleh peserta Pemilu, mesti dilaporkan. Termasuk, uang yang diterima. Kalau tidak dilaporkan, maka ada indikasi ketidakjujuran dalam pelaporan dana kampanye. Sanksinya bisa diskualifikasi sebagai peserta Pemilu. 

Apakah sejauh ini kinerja Bawaslu terkait laporan-laporan yang masuk, sudah baik?

Nyaris tidak terdengar hasil pengawasannya. NNM

Artikel ini tayang di Harian Rakyat Merdeka Cetak edisi Senin, 18 Desember 2023 dengan judul "Transaksi Janggal Di Rekening Partai Politik Hebohkan Publik, Fadli Ramadhanil: Dapat Diteruskan Ke Proses Hukum"

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.