Dark/Light Mode

Gelar HUT Muslimat NU Jelang Pilpres, Aksi Khofifah Picu Polemik

Khofifah Indar Parawansa: Muslimat NU Lahir Pada 26 Robiul Akhir

Kamis, 25 Januari 2024 06:40 WIB
Khofifah Indar Parawansa, Anggota Dewan Pengarah TKN Prabowo-Gibran. Foto: Dok. Rakyat Merdeka/rm.id
Khofifah Indar Parawansa, Anggota Dewan Pengarah TKN Prabowo-Gibran. Foto: Dok. Rakyat Merdeka/rm.id

RM.id  Rakyat Merdeka - Masuknya Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa ke Tim Kampanye Nasional (TKN) Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka, masih ramai diperbincangkan. 

Apalagi, Khofifah dikenal sebagai tokoh Muslimat Nahdatul Ulama (NU). Lantas, bagaimana perebutan suara dalam Pilpres 2024 di Jawa Timur dan di kalangan NU?

Posisi Khofifah sebagai orang nomor satu di Jawa Timur, dinilai akan mempengaruhi peta Pilpres 2024. 

Baca juga : M. Romahurmuziy: Badan Otonom Harus Jaga Khittah NU 1926

Sebelumnya, acara Hari Ulang Tahun (HUT) Muslimat Nahdlatul Ulama pada Sabtu (20/1/2024), menjadi perhatian. 

Pasalnya, Khofifah yang mendukung Prabowo-Gibran pada Pilpres 2024, memimpin acara HUT Muslimat NU di Gelora Bung Karno (GBK), Jakarta.

Meskipun, menurut penjelasan Khofifah, acara HUT Muslimat NU itu sudah sejak lama disiapkan. Khofifah pun sudah berkeliling ke pengurus wilayah Muslimat NU.

Baca juga : Abdullah Mansyur: Itu Cuma Sebagian Kecil Kader PPP

Lantas, bagaimana pandangan tim Paslon lainnya? Ketua Majelis Pertimbangan Partai Persatuan Pembangunan (PPP), Muhammad Romahurmuziy yakin, Paslon Nomor Urut 3, Ganjar Pranowo-Mahfud MD akan menang di Jawa Timur, meskipun Khofifah masuk ke TKN Prabowo-Gibran.

“Kami yakin menang. Kami memiliki data yang bisa dipertanggungjawabkan,” tegas politisi yang akrab disapa Rommy ini, kepada Rakyat Merdeka, Selasa (23/1/2024).

Rommy menilai, Khofifah memanfaatkan jabatannya sebagai Ketua Umum Muslimat NU untuk kepentingan politik. “Misal, memajukan peringatan Harlah Muslimat NU yang mestinya jatuh pada 23 Maret 2024, menjadi Sabtu lalu (20/1/2024),” ucapnya.

Baca juga : Anwar Sanusi: Akar Rumput PPP Mendukung Anies

Apa yang menjadi dasar penilaian Rommy kepada Khofifah itu? Serta, bagaimana tanggapan Khofifah terkait pernyataan Rommy tersebut? Berikut wawancara dengan Khofifah mengenai hal ini.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.