Dark/Light Mode

Harga Pangan Melejit, Dampaknya Seperti Apa?

Firman Soebagyo: Gejolak Harga Ini Sesuatu Yang Klasik

Rabu, 28 Februari 2024 07:50 WIB
Firman Soebagyo, Anggota Komisi IV DPR. Foto: Dok. Rakyat Merdeka/rm.id
Firman Soebagyo, Anggota Komisi IV DPR. Foto: Dok. Rakyat Merdeka/rm.id

 Sebelumnya 
Harga kebutuhan pokok dikeluhkan kaum buruh, karena mengalami kenaikan terus. Bagaimana Anda menyikapinya?

Begini, kenaikan harga pangan ini kan yang menikmati adalah petani. Kenapa sih kalau petani menikmati harga komoditi yang bagus, semua pada ribut. 

Kalau gaji PNS naik, tidak ribut. Harga pertamax naik turun, tidak ribut. Begitu petani menikmati harga yang cukup bagus, dan itu tidak terjadi setiap tahun, kenapa kita ribut.

Apakah kenaikan harga pangan ini benar-benar dinikmati petani?

Baca juga : Mirah Sumirat: Kami Mendesak Turunkan Harga

Ini kan petani menikmati hanya setahun sekali. Apa salahnya kalau kita memberikan kemerdekaan kepada petani dengan harga yang tinggi, ketimbang yang menikmati itu adalah pelaku pangan besar.

Faktor apa lagi yang membuat harga naik?

Gejolak harga ini, merupakan suatu hal yang klasik. Kenaikan harga ini kan selalu terjadi di setiap event-event tertentu, seperti menjelang Ramadhan, nanti nyambung ke Idul Fitri, setelah itu tahun baru. 

Apakah kenaikan harga pangan ini karena faktor cuaca juga?

Baca juga : KPU Hentikan Sementara Semua PPLN Kuala Lumpur

Salah satu penyebabnya, memang karena cuaca. Kemarin juga ada El Nino yang membuat barang itu susah, dan petani tidak bisa panen raya. Saat ini, setelah saya cek, sudah mulai panen raya di beberapa daerah, sehingga harganya mulai pulih.

Bagaimana dengan tudingan, ada mafia pangan di balik naiknya harga?

Yang namanya mafia pangan, memang selalu ada. Makanya, saya mendorong agar Pemerintah untuk mengeceknya. 

Saran Anda?

Baca juga : UMKM Ayo Urus NIB Dan Sertifikat Halal, Gratis!

Beranikah yang namanya Satgas Pangan turun, untuk mengecek semua gudang-gudang yang diduga ada mafia kartelisasi pangan. Satgas Pangan harus bergerak untuk mengecek semua yang besar. REN

Artikel ini tayang di Harian Rakyat Merdeka Cetak, Halaman 2, edisi Rabu, 28 Februari 2024 dengan judul "Harga Pangan Melejit, Dampaknya Seperti Apa?, Mirah Sumirat: Kami Mendesak Turunkan Harga"

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.