Dark/Light Mode

MIND ID Kuasai Saham Vale, Erick Thohir: Ini Momentum Bersejarah

Selasa, 27 Februari 2024 08:27 WIB
Dari kiri: Direktur Utama PT Vale Indonesia Tbk Febriany Eddy, Chief Executive Officer Vale Base Metals Deshnee Naidoo, Wakil Menteri BUMN Kartika Wirjoatmodjo, Menteri BUMN Erick Thohir, Menko Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan, Menteri Investasi/Kepala BKPM Bahlil Lahadalia, Dirut MIND ID Hendi Prio Santoso, dan Executive Officer Sumitomo Metal Mining SMM Yusuke Niwa saat penandatangan perjanjian akuisisi saham PT Vale oleh MIND ID, di Jakarta, Senin (26/2). (Foto: AMA/RM)
Dari kiri: Direktur Utama PT Vale Indonesia Tbk Febriany Eddy, Chief Executive Officer Vale Base Metals Deshnee Naidoo, Wakil Menteri BUMN Kartika Wirjoatmodjo, Menteri BUMN Erick Thohir, Menko Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan, Menteri Investasi/Kepala BKPM Bahlil Lahadalia, Dirut MIND ID Hendi Prio Santoso, dan Executive Officer Sumitomo Metal Mining SMM Yusuke Niwa saat penandatangan perjanjian akuisisi saham PT Vale oleh MIND ID, di Jakarta, Senin (26/2). (Foto: AMA/RM)

RM.id  Rakyat Merdeka - Mining Industry Indonesia (MIND ID) sebagai Holding BUMN Industri Pertambangan, sukses menjadi pemegang saham mayoritas PT Vale Indonesia Tbk (PT VI). MIND ID berhasil meningkatkan kepemilikan saham di PT VI sebanyak 14 persen melalui skema divestasi, sehingga totalnya menjadi 34 persen. Menteri BUMN Erick Thohir menyebut, keberhasilan ini sebagai momentum bersejarah.

MIND ID telah menyepakati akuisisi 14 persen saham PT VI dengan Vale Canada Limited (VCL), Sumitomo Metal Mining Co, Ltd. (SMM). Penandatanganan kesepakatan itu dilakukan Direktur Utama MIND ID Hendi Prio Santoso, Deshnee Naidoo dari VCL, Yusuke Niwa dari SMM, Febriany Eddy dari PT VI, di Jakarta, Senin (26/1/2024).

Acara tersebut disaksikan langsung Menko Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan, Menteri BUMN Erick Thohir, Menteri Investasi/Kepala BKPM Bahlil Lahadalia, Wakil Menteri BUMN Kartika Wirjoatmodjo, dan para pejabat tinggi negara lainnya.

“Nilai investasi yang dihasilkan sebesar Rp 3.050 per lembar saham. MIND ID akan sama-sama mengendalikan PT Vale Indonesia, karena ini sifatnya kontrol bersama atau joint control over corporation,” terang Erick.

Senada dengan Erick, Kartika Wirjoatmodjo mengatakan, dengan kepemilikan saham mayoritas ini, MIND ID akan memiliki hak menunjuk tiga komisaris, termasuk Komisaris Utama, Direktur Utama, dan Direktur SDM.

Baca juga : Hak Angket Terus Bergulir, Jokowi Santai Saja

“Kami telah bersepakat, VCL akan memiliki porsi direktur yang mengelola operasional perusahaan dan juga terkait dengan ESG (Environmental, Social, and Governance). Kami ingin, standar ESG milik VCL tetap dipertahankan sebagai bagian dari good mining practice berskala global," papar pria yang akrab disapa Tiko ini.

Sebagai bagian keberlanjutan operasional perusahaan, Kementerian BUMN dan MIND ID mempertahankan Febriany Eddy sebagai Direktur Utama PT VI, setelah kesepakatan divestasi diselesaikan. Erick merasa punya komitmen yang sama dengan VCL, dalam mengelola PT VI.

"Kami sebagai pemegang saham terbesar pertama dan kedua, sepakat melanjutkan komitmen hilirisasi sebagai bentuk dukungan perusahaan terhadap program strategis pemerintah. Saudari Febriany Eddy tetap akan menjadi Direktur Utama, mewakili MIND ID," ucap Erick.

Kesepakatan ini adalah langkah besar bagi Indonesia. MIND ID telah menjadi pemegang saham terbesar dari PT VI. Setelah kesepakatan, MIND ID memegang 34,00 persen saham PTVI, VCL 33,88 persen, SMM 11,48 persen, dan publik sebesar 20,63 persen.

Sebelumnya, pada November 2023, ditandatangani Heads of Agreement yang menyatakan bahwa MIND ID dan VCL akan melakukan joint control atas pelaksanaan kegiatan usaha PT Vale Indonesia. Hal ini merupakan bagian dari upaya PT VI dalam memenuhi kewajiban divestasi, sesuai Undang-Undang Pertambangan Mineral dan Batubara di Indonesia.

Baca juga : Panasnya Hak Angket Nggak Bikin Demam

"Dalam membangun ekosistem, bukan masalah menang kalah, tetapi harus membangun yang terbaik. Pak Bahlil (Menteri Investasi/Kepala BKPM) akan memastikan investasi yang berkelanjutan untuk downstreaming dengan luaskan dan total investasi,” jelas Erick.

Sebagai salah satu produsen nikel terbesar di dunia, Indonesia memiliki peran strategis dalam industri nikel global. Indonesia memiliki potensi besar untuk mengambil kendali dalam menentukan arah industri nikel. Melalui divestasi ini, Indonesia dapat menunjukkan komitmennya untuk berada di garis depan, dalam pengembangan hilirisasi industri nikel.

Divestasi PT VI merupakan perwujudan transformasi BUMN yang semakin penting dilakukan, dalam menghadapi tantangan global dan memanfaatkan peluang di era ekonomi yang terus berkembang. Dengan melakukan divestasi yang strategis, MIND ID dapat memperkuat posisi sebagai rantai pasok global (global value chain), serta mendukung kebutuhan ekspor dalam mendukung program hilirisasi. 

Direktur Utama MIND ID, Hendi Prio Santoso, mengapresiasi dukungan dari Kementerian BUMN, Kementerian ESDM, serta kementerian dan lembaga lain dalam proses divestasi. Hendi mengatakan, MIND ID akan terus berkolaborasi dengan VCL dan para pemangku kepentingan PT VI lainnya dalam mengembangkan PT Vale.

"Kami akan mengoptimalkan proses hilirisasi terhadap hasil tambang PT Vale agar dapat mendukung industri dalam negeri serta kebutuhan ekspor dalam mendukung program Hilirisasi," ujar Hendi.

Baca juga : Isi Akhir Pekan, Jokowi Ngemall, Sri Mul Nonton Film

Akuisisi saham PT VI menjadi langkah strategis MIND ID agar Indonesia dapat mengambil posisi yang kuat untuk mengamankan pasokan bahan baku industri hilir berbasis nikel. Komoditas ini adalah salah satu sumber daya strategis dan penting bagi dunia dimana nikel telah menjadi bahan baku utama baterai untuk kendaraan listrik dan juga untuk infrastruktur penyimpan listrik.

“Aksi korporasi ini menjadi momentum dalam memperkuat posisi Indonesia dalam industri baterai dan kendaraan listrik ke depan,” ujar Hendi.

Artikel ini tayang di Harian Rakyat Merdeka, edisi Selasa (27/2), dengan judul “MIND ID Kuasai Saham Vale, Erick: Ini Momentum Bersejarah”.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.