Dark/Light Mode

Kasus Bunuh Diri Meningkat Konseling Perlu Ditingkatkan

Nurhadi: Jarang Sekali Ada Konseling Mental

Selasa, 12 Maret 2024 07:50 WIB
Nurhadi, Anggota Komisi IX DPR. (Foto: Dok. Rakyat Merdeka/rm.id)
Nurhadi, Anggota Komisi IX DPR. (Foto: Dok. Rakyat Merdeka/rm.id)

 Sebelumnya 
Angka bunuh diri semakin naik. Terbaru, satu keluarga di Jakarta Utara lompat dari apartemen. Pandangan Anda?

Kita tidak menduga ada satu keluarga yang bunuh diri secara bersama-sama.

Kira-kira, apa faktornya, menurut Anda?

Kalau saya baca dari berbagai informasi, diduga karena faktor ekonomi sehingga tertekan mentalnya. Saat ini, kondisi ekonomi memang tidak baik-baik saja.

Baca juga : Muhammad Iqbal: Tekanan Hidup Semakin Tinggi

Mentalnya bermasalah juga, sepertinya ya?

Karena berkaitan dengan mental, saya kira perlu adanya konseling dan komunikasi secara psikologis, sehingga mereka benar-benar tahan uji, tahan banting dengan kejadian apa pun, sehingga masyarakat tidak melakukan hal-hal yang menurut saya konyol, dan merugikan mereka sendiri maupun keluarga.

Kalau soal mental ini, kadang berkaitan dengan agama dan adanya pertolongan dari Tuhan. Melalui keyakinan dan agama masing-masing semakin diperkuat lagi, dengan melakukan konseling dengan pemuka agama.

Maksud Anda, dinas terkait perlu menggandeng pemuka agama dalam menguatkan mental?

Baca juga : Golkar Ogah Cawe-cawe Kabinet Prabowo-Gibran

Saya kira, Pemerintah perlu menggandeng tokoh agama maupun psikolog. Psikolog yang tidak terjangkau dari segi biaya ini, juga bisa difasilitasi oleh dinas terkait agar ada dampak positifnya kepada masyarakat.

Perlu ditingkatkan nggak konselingnya?

Saya kok melihatnya jarang sekali dilakukan konseling mental secara khusus bagi masyarakat. Kalau konseling kesehatan sudah masif, seperti ada gerakan masyarakat sehat (Germas).

Kalaupun di Germas ini ada soal mental, tapi secara parsial saja. Kalau secara psikologis menyeluruh kaitannya dengan konseling kejiwaan, kok cenderung kurang masif.

Baca juga : BKS Genjot Kualitas Layanan

Saran bagi Pemerintah?

Saya kira, Pemerintah perlu merekrut pemuka agama, sehingga meyakinkan masyarakat untuk tidak melakukan hal-hal yang menurut saya sangat merugikan dan konyol. REN

Artikel ini tayang di Harian Rakyat Merdeka Cetak, Halaman 2, edisi Selasa, 12 Maret 2024 dengan judul "Kasus Bunuh Diri Meningkat Konseling Perlu Ditingkatkan, Nurhadi: Jarang Sekali Ada Konseling Mental"

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.