Dark/Light Mode

Sosialisasi Vaksinasi Demam Berdarah Perlu Ditingkatkan

Gilbert Simanjuntak: Harus Ada Infeksi Baru Divaksin DBD

Jumat, 5 April 2024 07:50 WIB
Gilbert Simanjuntak, Epidemiolog. (Foto: Dok. Rakyat Merdeka/rm.id)
Gilbert Simanjuntak, Epidemiolog. (Foto: Dok. Rakyat Merdeka/rm.id)

RM.id  Rakyat Merdeka - Vaksinasi demam berdarah dengue (DBD) sudah bisa didapatkan masyarakat. Vaksinasi ini, diharapkan dapat memberikan perlindungan bagi masyarakat. Lantas, apakah vaksinasi ini sudah tepat?

Kepala Biro Komunikasi dan Pelayanan Publik Kementerian Kesehatan, Siti Nadia Tarmizi mengonfirmasi adanya vaksinasi dengue ini.

Dia menjelaskan, Pemerintah masih menunggu kajian lebih lanjut, terkait rekomendasi dari World Health Organization (WHO).

Baca juga : Siti Nadia Tarmizi: Vaksinasi Mandiri Buat 6-45 Tahun

"Tentang apakah vaksin ini dipertimbangkan menjadi vaksin rutin program," kata Siti Nadia kepada Rakyat Merdeka, Kamis (4/4/2024).

Menurutnya, vaksin ini bisa masyarakat dapatkan di layanan kesehatan. Mulai dari klinik, rumah sakit swasta hingga rumah sakit Pemerintah.

Sementara itu, Anggota DPRD DKI Jakarta Gilbert Simanjuntak yang juga epidemiolog meminta, agar Pemerintah meningkatkan sosialisasi vaksin DBD.

Baca juga : Insya Allah, Prabowo-Gibran Tetap Jadi Presiden & Wapres

Menurut dia, vaksinasi itu untuk pencegahan merebaknya penyakit tersebut pada musim pancaroba.

"Perlu sosialisasi yang lengkap kepada masyarakat," kata Gilbert di Jakarta.

Gilbert menuturkan, saat ini vaksin DBD dinyatakan oleh Pemerintah, sudah dapat diberikan kepada masyarakat. Dia menambahkan, berdasarkan laman Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (Centers for Disease Control and Prevention/CDC) Atlanta, keampuhan (efikasi) vaksin ini sebesar 80 persen untuk mencegah infeksi bergejala, masuk rumah sakit atau infeksi DBD berat.

Baca juga : TNI-Polri Komitmen Beri Rasa Aman Ke Warga Yang Mudik

Untuk membahas topik ini lebih lanjut, berikut wawancara dengan Gilbert Simanjuntak.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.