Dark/Light Mode

Belum Ada Parpol Tegas Bilang Mau Jadi Oposisi

Aryo Seno Bagaskoro: Dalam Atau Luar Bukan Hal Baru

Minggu, 7 April 2024 07:50 WIB
Aryo Seno Bagaskoro, Politisi PDIP. (Foto: Dok. Rakyat Merdeka/rm.id)
Aryo Seno Bagaskoro, Politisi PDIP. (Foto: Dok. Rakyat Merdeka/rm.id)

 Sebelumnya 
Pasca Pemilihan Presiden 2024, apakah PDIP siap jadi oposisi? 

Kami terbiasa diajarkan berkesadaran sebagai kesatuan kolektif, tidak terpisah-terpisah. 

Baca juga : Bobby Adhityo Rizaldi: Golkar Tak Keberatan Koalisi Lain Bergabung

Dengan pengalaman panjang pasang surut politik yang dihadapi partai, berada di dalam atau di luar pemerintahan, bukan hal yang baru.

Apakah ada peluang PDIP bergabung dengan koalisi Prabowo-Gibran? 

Baca juga : Menhub Ucapkan Terima Kasih Kepada Kapolri Dan Panglima TNI

Pada dasarnya, kami tidak ada masalah secara personal dengan Pak Prabowo. Tetapi, persoalan pelanggaran etik, intervensi kekuasaan, dan mobilisasi instrumen negara yang diduga terjadi pada Pemilu kemarin, ini melampaui politik pragmatisme elite. Ini prinsip yang substansial dan kami jaga.

Apa catatan Anda sehingga PDIP belum bisa menentukan sikap akan beroposisi atau berkoalisi dengan pemerintahan selanjutnya? 

Baca juga : Kubu AMIN Masih Yakin, MK Mau Kabulkan Gugatan

Dalam hal itu, banyak PR yang harus dikerjakan. Menjaga konstitusi dan demokrasi, yang di dalamnya ada fungsi partai politik menjadi penting. Kerja-kerja politik non-elektoral seperti kaderisasi, penguatan party ID, pelembagaan partai, dan lain-lain terus menjadi perhatian. NNM

Artikel ini tayang di Harian Rakyat Merdeka Cetak, Halaman 2, edisi Minggu, 7 April 2024 dengan judul "Belum Ada Parpol Tegas Bilang Mau Jadi Oposisi, Aryo Seno Bagaskoro: Dalam Atau Luar Bukan Hal Baru"

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.