Dark/Light Mode

Mahasiswa Protes Uang Kuliah Naik Berkali-kali Lipat

Muhadjir Effendy: Kenaikan UKT Untuk Mahasiswa Baru Saja

Senin, 20 Mei 2024 07:40 WIB
Muhadjir Effendy, Menko PMK. (Foto: Dok. Rakyat Merdeka/rm.id)
Muhadjir Effendy, Menko PMK. (Foto: Dok. Rakyat Merdeka/rm.id)

 Sebelumnya 
Mahasiswa memprotes kenaikan UKT (uang kuliah tunggal) di beberapa kampus negeri...

Pihak kampus harus bijaksana. Kalau ada kenaikan UKT, sejak awal harus sudah ada kontrak perjanjian dengan mahasiswa dan orangtuanya, bahwa akan ada kenaikan. Bahkan, besaran kenaikannya juga harus sudah ditetapkan.

Jangan dadakan, ya?

Iya, jangan tiba-tiba di tengah jalan menaikkan UKT. Kampus mesti punya perencanaan yang bagus dalam kaitannya dengan manajemen keuangan.

Baca juga : Golkar Siapin Karpet Merah Untuk Jokowi Dan Gibran

Bagaimana manajemen keuangan yang bagus itu?

Mestinya, sejak awal, rencana  kenaikan itu sudah disampaikan, sehingga orangtua tidak gelagapan ketika diberitahukan ada kenaikan UKT yang dinilai drastis itu.

Apa lagi yang semestinya diperhatikan kampus?

Kenaikan UKT jangan diberlakukan bagi mahasiswa yang sudah berada di dalam. Tetapkan saja UKT baru itu untuk mahasiswa baru.

Baca juga : Pembukaan Lapangan Kerja Harus Dikebut

Tapi, kalau mahasiswa yang sudah berada di dalam, kemudian ada kenaikan, saya sangat memahami kalau mereka merasa dijebak. Mereka tidak mungkin mundur karena UKT naik.

Apakah kenaikan ini untuk meningkatkan kesejahteraan pihak kampus?

Jangan membandingkan dengan pendapatan yang rendah. Kan kita tahu di kampus itu pendapatannya rendah. Itu kan banyak pengabdian memang.

Saya juga orang kampus, sehingga tahu. Jangan peta konflik dan mengeksploitasi pejabat yang bergaya mewah maupun sederhana. Sederhana itu biasa, bukan hal yang aneh. EDY

Baca juga : KIM Ancang-ancang Jalan Bareng Lagi Di Banten

Artikel ini tayang di Harian Rakyat Merdeka Cetak, Halaman 2, edisi Senin, 20 Mei 2024 dengan judul "Mahasiswa Protes Uang Kuliah Naik Berkali-kali Lipat Muhadjir Effendy: Kenaikan UKT Untuk Mahasiswa Baru Saja"

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.