Dark/Light Mode

PKS Mau Usung Sohibul Iman, Bagaimana Dengan Anies?

Ahmad Mabruri: Sohibul Iman Punya Integritas Dan Kapasitas

Selasa, 25 Juni 2024 07:50 WIB
Ahmad Mabruri, Juru Bicara PKS. (Foto: Dok. Rakyat Merdeka/rm.id)
Ahmad Mabruri, Juru Bicara PKS. (Foto: Dok. Rakyat Merdeka/rm.id)

 Sebelumnya 
Apa alasan PKS ingin mengusung Sohibul Iman sebagai Cagub Jakarta?

Sejak awal, Presiden PKS, Pak Ahmad Syaikhu sudah memberikan arahan agar  mengusung kader sendiri. Nah, dalam rapat, kami putuskan akan mengusung Pak Sohibul Iman.

Sebagai partai pemenang Pemilu Legislatif di Jakarta, PKS memutuskan akan memperjuangkan kader terbaiknya sebagai Calon Gubernur Jakarta.

Bagaimana rekam jejaknya di PKS?

Baca juga : Nunggu Ketajaman Taring Tiga Singa

Sohibul Iman merupakan figur yang memiliki integritas dan kapasitas mumpuni. Beliau  memimpin PKS periode 2015-2020. Di bawah kepemimpinan Sohibul, PKS mengalami peningkatan suara dan kursi secara signifikan, dari 8,46 juta suara (6,77 persen) pada 2014, menjadi 11,49 juta suara (8,21 persen) pada 2019. Atau, meningkat dari 40 kursi pada 2014 menjadi 50 kursi pada 2019.

Apakah rekam jejak itu cukup untuk memenangi Pilgub Jakarta?

Beliau memiliki kepemimpinan yang teruji dalam membawa PKS naik kelas. Beliau juga memiliki jejak yang panjang di dunia politik. Beliau terpilih tiga kali menjadi Anggota DPR pada periode 2009-2014, periode 2014-2019, dan periode 2024-2029 dan pernah menjadi Wakil Ketua DPR.

Sebelum terjun ke dunia politik, Sohibul adalah  teknokrat dan cendekiawan. Ia lama berkecimpung dalam bidang teknologi di BPPT (Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi) Kemenristek. Pernah memimpin Universitas Paramadina sebagai rektor, dan memimpin berbagai lembaga nirlaba yang fokus pada pengembangan inovasi, teknologi, dan sumber daya manusia strategis.

Baca juga : Arini Soemardi: Itu Langkah Untuk Naikkan Daya Tawar

Pak Sohibul figur yang tepat untuk memimpin Jakarta. Beliau adalah perpaduan antara birokrat handal, politisi mumpuni, dan intelektual yang disegani di dunia pendidikan.

Apakah keputusan ini masih bisa berubah?

Politik dinamis, semua masih terbuka. Kita lihat hasil akhirnya nanti. Soal pasangan, jadi calon gubernur atau wakil, hasilnya dilihat setelah koalisi terbentuk.

Kami akan melihat komposisi koalisi yang terbentuk. Bukan berarti partai tidak punya kader, tapi siapa pasangannya, akan menunggu koalisi yang terbentuk. Siapa yang diusung sebagai cagub dan cawagub, bagaimana deklarasinya, dilakukan sesuai waktu yang tepat. Jadi, tunggu saja.

Baca juga : KPK Fokus Usut Kasus Dengan Kerugian Fantastis

Bagaimana peluang menduetkan Sohibul dengan Anies?

Semua masih terbuka. Bisa Sohibul-Anies atau Anies-Sohibul. Kita lihat saat pendaftaran terakhir saja, di KPUD Jakarta. NNM

Artikel ini tayang di Harian Rakyat Merdeka Cetak, Halaman 2, edisi Senin, 25 Juni 2024 dengan judul "PKS Mau Usung Sohibul Iman, Bagaimana Dengan Anies? Arini Soemardi: Itu Langkah Untuk Naikkan Daya Tawar"

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.