Dark/Light Mode

Soal Usulan Amandemen UUD 1945

Prabowo Belum Mikirin

Selasa, 25 Juni 2024 07:30 WIB
Wakil Ketua Umum Partai Gerindra, Habiburokhman,
Wakil Ketua Umum Partai Gerindra, Habiburokhman,

RM.id  Rakyat Merdeka - Presiden terpilih, Prabowo Subianto belum membahas usulan amandemen UUD 1945. Meski demikian, aspirasi terkait hal itu akan ditampung

“Silakan saja diusulkan dalam forum resmi, dengan mekanisme yang tepat. Kami yakin, Pak Prabowo siap mendengar usulan-usulan masyarakat dan bermusyawarah mengenai hal tersebut," kata Wakil Ketua Umum Partai Gerindra, Habiburokhman, di Jakarta, kemarin.

Pernyataan ini merespons klaim mantan Ketua MPR, Amien Rais dan Ketua DPD, La Nyalla Mattalitti yang meyakini Prabowo bakal menyetujui gaga­san amandemen 1945. Namun, itu masih sebatas klaim. Usulan itu, sebaiknya disampaikan pada forum resmi.

Baca juga : Awasi Pelaksanaan PPDB

Habiburokhman mengamini, aspirasi masyarakat ihwal aman­demen UUD 1945 sangat bera­gam. Sebaiknya, didiskusikan dengan baik. Jangan sampai, ada pihak yang terkesan memaksakan kehendaknya. “Yang perlu di­catat, aspirasi masyarakat cukup beragam. Ada yang ingin kembali ke UUD 1945, ada yang ingin tetap seperti saat ini, ada pula yang menggabungkan keduanya, beberapa bagian kembali ke UUD 1945 asli, beberapa bagian tetap dipertahankan," ucapnya.

Senada, Ketua Harian DPP Partai Gerindra, Sufmi Dasco Ahmad mengatakan, Presiden terpilih Prabowo Subianto be­lum bersikap ihwal amandemen UUD 1945. Termasuk, memikir­kan ide pengembalian pemilihan Presiden ke MPR. “Sampai dengansaat ini Pak Prabowo belum berpikir. Belum ada pem­bahasan seperti itu," ujar Dasco.

Menurutnya, Prabowo saat ini sedang berkonsentrasi pada program makan bergizi gratis dan APBN 2025. Dia menduga, wacana yang terjadi di publik mengenai amendemen UUD 1945 baru sebatas dinamika.

Baca juga : Calon Bermasalah Mending Coret Saja!

Sebelumnya, La Nyalla Mattalitti mengajak Prabowo mendukung ide amandemen UUD 1945 untuk kembali ke naskah asli. Pembahasan dapat dilakukan setelah Prabowo dilan­tik menjadi Presiden. Dia bahkan yakin, Prabowo setuju, karena dalam AD/ART Gerindra juga ada ide kembali ke UUD 1945.

“Jadi sudah gayung bersambut. Kita sekarang tinggal ngatur, kita berdoa supaya pelan­tikan Pak Prabowo berjalan lancar. Setelah itu kita akan mengajak beliau bersama-sama mengembalikan UUD 1945 ke naskah aslinya," kata La Nyalla di Telaga Senayan, Jakarta Pusat, Minggu (23/6/2024).

Amien Rais juga meyakini Prabowo akan setuju jika aman­demen UUD 1945 dikembalikan ke naskah asli. Amien Rais me­nyebutkan Prabowo merupakan sosok yang cerdas. "Pak Prabowo itu orang pintar. Kutu buku. Jangan dibandingkanlah ya. Insya Allah (disetujui)," katanya, di Kompleks DPR, Senayan, Jakarta, kemarin.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.