Dark/Light Mode

Pilbup Bandung Barat

Partai Matahari Usung Adik Iparnya Raffi Ahmad

Selasa, 25 Juni 2024 07:30 WIB
Sekjen PAN,Eddy Soeparno
Sekjen PAN,Eddy Soeparno

RM.id  Rakyat Merdeka - Partai Amanat Nasional (PAN) memutuskan mengusung adik ipar Raffi Ahmad, Ritchie Ismail atau Jeje Govinda untuk maju bertarung di Pilbup Bandung Barat 2024. Jeje dinilai bisa bersaing dalam pesta demokrasi lima tahunan tersebut.

Sekretaris Jenderal (Sekjen) PAN,Eddy Soeparno mengungkapkan, peluang suami Syahnaz di Pilbup Bandung Barat 2024 cukup baik. Dia mengatakan, Jeje Ritchie Ismail dari segi popularitas sudah cukup dikenal.

“Dari kekuatan partai kita cukup baik di Bandung Barat,” ujar Eddy, Senin (24/6/2024).

Dia mengatakan, PAN bakal mengusung Jeje bersama Par­tai Gerindra. “Semoga dapat direalisasikan segera sehingga kita bisa mengungkap pasangan calon,” tuturnya.

Baca juga : Awasi Pelaksanaan PPDB

Menurutnya, Kabupaten Ban­dung Barat memiliki keunikan. Sehingga, cocok bagi Jeje yang memiliki popularitas cukup tinggi. “Ketokohan Jeje cukup terbukti,” tegasnya.

Meski begitu, Eddy belum membahas soal wakil yang akan  mendampingi Jeje. “Memang ini tokoh muda yang kita usung, berpeluang, anak muda, mampu memahami isu di lapangan dan memiliki partai kuat,” tegas Eddy.

Pakar politik dari Universitas Islam Bandung (Unisba), Mu­hammad E Fuady mengatakan, artis terjun ke dunia politik merupakan hal yang lumrah. “Bukan sesuatu yang buruk,” kata Fuady, Senin (24/6/2024).

Namun, menurut Fuady, seba­gai politisi baru, tak cukup hanya bermodalkan populer untuk maju di pilkada. Kata dia, harus juga dibarengi dengan track record bahwa aspek kapabilitas dan intelektualitas.

Baca juga : Calon Bermasalah Mending Coret Saja!

Menurutnya, Jeje belum ber­pengalaman di dunia politik. Kata dia, perlu banyak menempa pemahaman dan pengetahuan tentang politik. “Sosok populer, kadang tidak serta merta popu­laritas berbanding lurus dengan elektabilitas,” tambahnya.

Fuady menilai, dibandingkan sebagai calon bupati, Jeje lebih cocok menjadi calon wakil bu­pati. Jeje disarankan mengikuti jejak Hengky Kurniawan yang sebelumnya mendampingi Aa Umbara sebagai Wakil Bupati Bandung Barat.

“Kenapa tidak berkoalisi dengan calon lain dan itu kans­nya lebih tinggi, sekaligus men­jadi pembelajaran politik, jadi tidak serta merta terjun dan langsung menjadi calon bupati,” jelasnya.

Tak hanya di Bandung Barat, contoh lain juga terjadi di daerah lainnya seperti Banten hingga Palu. “Kita lihat fenomena artis merintis dulu ya seperti kebanyakan artis lainnya seperti Rano Karno, Pasha dan lainnya,” terangnya.

Baca juga : Prabowo Belum Mikirin

Fuady menambahkan, dari penilaian tersebut, PAN harus betul-betul memilih langkah yang tepat di Pilbup Bandung Barat. “Ini jadi PR bagi PAN dan Jeje untuk raih konstituen,” pungkasnya.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.