Dark/Light Mode

Masih Banyak Yang Menolak Pembatasan Usia Kendaraan

Ibnu Dwi Cahyo: 27 Persen Responden Mau Beli Kendaraan Baru

Sabtu, 29 Juni 2024 07:50 WIB
Ibnu Dwi Cahyo, Direktur Riset dan Komunikasi KedaiKOPI. (Foto: Dok. Rakyat Merdeka/rm.id)
Ibnu Dwi Cahyo, Direktur Riset dan Komunikasi KedaiKOPI. (Foto: Dok. Rakyat Merdeka/rm.id)

 Sebelumnya 
49,2 persen responden menolak pembatasan usia dan jumlah kepe­milikan kendaraan. Lalu, apa ala­san mereka yang setuju aturan ini?

Masyarakat Jabodetabek sudah me­nyadari dan merasakan bahaya dari menumpuknya kendaraan yang lalu lalang di Jakarta. Selain kemacetan, polusi udara menjadi salah satu faktor terbesar masyarakat yang mendukung kebijakan pembatasan usia dan kepe­milikan kendaraan di Jakarta.

Dua faktor ini alasannya ya?

Iya, dua alasan ini yang membuat responden kami akhirnya setuju pembatasan usia dan kepemilikan kendaraan di Jakarta.

Baca juga : August Hamonangan: Layanan Transportasi Umum Belum Optimal

Berapa persen yang setuju?

Ada 44,7 persen, dengan alasan kemacetan dan 26,8 persen dengan alasan polusi. Sebab, dua hal tersebut yang secara fakta menjadi momok bagi masyarakat di Jabodetabek.

Bagaimana jika nanti aturan ini benar-benar direalisasikan Pemerintah Daerah Khusus Jakarta?

Pada survei kali ini, kami juga men­cari tahu respons masyarakat apabila kebijakan ini benar-benar diterapkan oleh Pemerintah Daerah Khusus Jakarta. Sebesar 82,2 persen respon­den menyatakan, akan menggunakan transportasi umum. Sebanyak 35,3 persen akan menggunakan kendaraan alternatif

Baca juga : Menhub Geber Proyek Di Medan Dan Bandung

Apakah ada yang akan mem­beli kendaraan baru jika aturan ini diberlakukan?

Uniknya, terdapat 27,3 persen responden yang akan membeli kenda­raan baru bila kebijakan ini diterap­kan. Mungkin ini jawaban responden dengan kondisi ekonomi kelas atas.

Responden lainnya memilih menggunakan apa?

Sebanyak 22,2 persen memilih akan berjalan kaki. Ada juga yang akan pin­dah lokasi kerja menjadi lebih dekat, namun itu hanya 0,7 persen.

Baca juga : Indonesia Diprediksi Bakal Sukses Swasembada Pangan

Apa harapan masyarakat jika aturan ini dilaksanakan?

Ada 91,5 persen responden me­nyarankan Pemerintah agar menyiapkan langkah-langkah yang memper­mudah implementasi kebijakan, tanpa harus mengorbankan kenyamanan mobilitas warga. NNM

Artikel ini tayang di Harian Rakyat Merdeka Cetak, Halaman 2, edisi Sabtu, 29 Juni 2024 dengan judul "Masih Banyak Yang Menolak Pembatasan Usia Kendaraan, Ibnu Dwi Cahyo: 27 Persen Responden Mau Beli Kendaraan Baru"

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.