Dark/Light Mode

Subuh-subuh Liat Hercules

Ma`ruf Lebih Suka Sporty

Rabu, 20 November 2019 07:30 WIB
Wakil Presiden Maruf  Amin bersama istri melakukan sidak ke Pangkalan  TNI  AU di Halim Perdanakusuma, Jakarta, kemarin. (Foto: Setwapres)
Wakil Presiden Maruf Amin bersama istri melakukan sidak ke Pangkalan TNI AU di Halim Perdanakusuma, Jakarta, kemarin. (Foto: Setwapres)

RM.id  Rakyat Merdeka - Wapres Ma’ruf Amin kini sering terlihat dalam balutan busana yang sporty. Mengenakan jaket olahraga, topi, dan sepatu kets atau sneaker. Yang terbaru, saat Kiai Ma’ruf meninjau pesawat Hercules di Bandara Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur, kemarin pagi. Melihat hal ini, warganet mengaku pangling.

Sebelum jadi wapres, Kiai Ma’ruf punya gaya busana yang sudah jadi ciri khasnya. Baju koko putih yang dibalut jas, berpeci, dan bersarung. Sehelai sorban tersampir di pundaknya.

Kini, setelah jadi wapres, penampilan Kiai Ma’ruf banyak berbeda. Sudah jarang sarungan. Ketua MUI itu kini fleksibel dalam berbusana. Kadang tampil necis dengan balutan jas lengkap dengan dasi, kadang tampil lebih sporty.

Gaya yang sporty itu misalnya terlihat saat Kiai Ma’ruf menghadiri jalan pagi ‘Interfaith Walk 2019 Pemuda Lintas Agama’ di kawasan CFD SudirmanThamrin, Minggu pagi lalu. Dalam acara itu Ma’ruf mngenakan kaos, celana panjang, sneakers, topi, serta jam tangan. Penampilannya sporty. Seperti para runner yang kini sedang ngetren di kalangan anak muda.

Baca juga : JK Kasih Kursus Singkat ke Maruf Seputar Tugas Wapres

Rupanya, tak hanya gayanya saja yang sporty. Kiai Ma’ruf juga makin rutin berolahraga. Terutama jalan kaki. Lima kali dalam seminggu. Kiai Ma’ruf biasanya jalan pagi di lapangan Senayan atau di seputaran taman dekat rumah dinasnya, di Jalan Diponegoro, Jakarta Pusat. Kemarin, Kiai Ma’ruf cari tempat olahraga yang berbeda. Yaitu di Pangkalan TNI AU Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur.

Kiai Ma’ruf berangkat dari rumah dinasnya ke lokasi sehabis salat Subuh atau sekitar pukul 5.15. Kiai Ma’ruf tak sendiri. Ia didampingi istrinya, Ibu Wury, dan cucunya. Di sini, Kiai Ma’ruf kembali tampil sporty. Mengenakan sneaker warna biru, jaket abu-abu, dan topi.

Wadan Paspamres ikut mengawal. Tiba di VVIP Halim, Kiai Maruf disambut Kadisops Lanud Halim Perda na kusuma, Kolnel (Pnb) IGP Setya Darma, dan Komandan Skadron Udara 45, Letnan Kolonel (Pnb) Yosef Frits.

Setelah melakukan pemanasan, Kiai Ma’ruf dan rombongan mulai berjalan kaki dengan rute mengelilingi taxi way lanud Halim Perdanakusuma. Di selasela kegiatan tersebut, Kiai Ma’ruf beserta Ibu Wury mendadak masuk ke dalam salah satu pesawat Hercules C-130 yang akan melaksanakan training terbang. Kiai Ma’ruf melihat isi dari pesawat serta berbincang-bincang dengan para kru.

Baca juga : Menhub : Mudik Tahun Ini Terasa Lebih Lancar

Selama kurang lebih 1 jam Kiai Ma’ruf berolahraga. Setelah beristirahat sejenak, Kiai Ma’ruf kembali ke kediaman.

Jubir Wapres, Masduki Baidlowi, mengatakan, gaya Kiai Ma’ruf yang sporty itu sebenarnya sudah lama. Jauh sebelum jadi wapres. Setiap kali olah raga, Kiai Ma’ruf selalu memakai pakaian sporty. Hanya saja, dulu banyak orang tidak tahu. Karena tidak disorot kamera. “Sekarang mendapat sorot kamera. Jadi wajar banyak yang kaget melihat penampilan Wapres seperti itu,” kata Masduki, saat dikontak, Rakyat Merdeka, tadi malam.

Kata Masduki, Kiai Ma’ruf sebenarnya fleksibel dalam berbusana. Kalau acara resmi, ya tampil resmi. Saat olah raga, ya pakaian olahraga. “Tidak selalu sarungan. Kontekstual saja dan Wa pres nyaman saja,” ujarnya.

Masduki mengatakan, penampilan Kiai Ma’ruf yang sporty itu tak lepas dari peran Ibu Wury. Ibu Wury yang memberi saran gaya busana untuk suaminya. Soal olahraga, Masduki bilang, Kiai Ma’ruf memang kini lebih rajin. Terutama jalan kaki. Sehari jalan kaki 4 kilometer. Lima kali dalam seminggu. Setelah itu dilanjutkan dengan mengayuh sepeda statis setengah jam. Lalu, berjalan di dalam air. Karena itu, Kiai Ma’ruf tampak lebih bugar. Berat badannya juga sudah ideal. “Karena itu, banyak yang bercanda Pak Wapres kini terlihat jauh lebih muda,” ujarnya.

Baca juga : Duh, Qatar Airways Masih Saja Tekor

Penampilan Kiai Ma’ruf yang sporty ini memang jadi perhatian warganet. Sebagian mengaku jarang sekali melihat Kiai Ma’ruf tampil sporty.

“Mantap. Terlihat lebih muda. Sudah seperti anak milenial gayanya. Semoga selat selalu ya Pak Yayi,” ujar akun @AndyMursidy.

Pemilik akun @miladi_fahmi mengaku kaget melihat Kiai Ma’ruf tampil sporty saat jalan sehat di area bebas kendaraan di Sudirman, Minggu kemarin. “Semoga sehat selalu ya, Pak Kiai,” ujarnya. “Pak Wapres masih gagah. Pantas saja Bu Wapres senyum-senyum bangga,” ujar Dion2403. [BCG]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.