Dark/Light Mode

Table Manner, Tingkatkan Etika dan Soft Skill Mahasiswa Undira

Minggu, 8 Januari 2023 23:30 WIB
Pelatihan Table Manner Universitas Dian Nusantara (Undira), di Hotel Mercure Batavia, Jakarta Barat, Sabtu (7/1). (Foto: Undira)
Pelatihan Table Manner Universitas Dian Nusantara (Undira), di Hotel Mercure Batavia, Jakarta Barat, Sabtu (7/1). (Foto: Undira)

RM.id  Rakyat Merdeka - Program Studi Komunikasi, Fakultas Bisnis dan Ilmu Sosial, Universitas Dian Nusantara (Undira) melaksanakan program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) pada mata kuliah Profesional Image yaitu Table Manner, di Hotel Mercure Batavia, Jakarta Barat, Sabtu (7/1). 

Salah satu dosen pembimbing Undira Kornelia Johana Dacosta mengatakan, maksud dan tujuan kegiatan table manner ini ialah untuk mengedukasi mahasiswa dalam menjaga sopan santun di meja makan, mengikuti instruksi standar secara universal, serta bagaimana penggunaan peralatan makan yang tepat.

"Table manner ini berfungsi pula sebagai pelatihan pengembangkan karakter dan kepribadian setiap individu dalam ranah bersosialisasi dan berkomunikasi di kehidupan yang sesungguhnya diluar lingkungan kampus terutama dalam pertemuan-pertemuan bisnis di dalam dunia kerja," jelasnya.

Baca juga : Dialog Awal Tahun Dengan Mahasiswa Indonesia

Kegiatan table manner diikuti mahasiswa program studi Ilmu Komunikasi Jurusan Public Relation dengan jumlah peserta 105 orang, para pimpinan Dian Nusantara yaitu Rektor, Kaprodi dan dosen pengampu mata kuliah Profesional Image serta turut mengundang tamu para pakar yang ahli dalam bidangnya.

Tagline table manner tahun ini adalah #Lights your manner for best communication dengan mengusung tema Nusantara. "Lights your manner for best communication tidak hanya sebuah rangkaian kata namun juga akan melekat dan akan di implementasi kan dalam kehidupan sehari-hari dalam bersosialisasi," kata Ketua Panitia Jabar, di sela acara table manner.

Ccara table manner ini, lanjut mahasiswa Bidang Studi Komunikasi Semester VI Undira tersebut, memiliki konsep nusantara, dengan menyuguhkan berbagai pertunjukan berkonsep nusantara. Dia menerangkan, nusantara merupakan gugusan pulau-pulau besar dan kecil yang diapit dua samudera dan dua benua yang memiliki kebudayaan yang beraneka ragam, termasuk bahasa dan cara berkomunikasi yang juga beragam.

Baca juga : Kroasia Bidik Juara Eropa

“Sama halnya dengan kami mahasiswa dan mahasiswi Universitas Dian Nusantara yang berasal dari dari berbagai penjuru nusantara di negara kita tercinta ini Indonesia. Selain itu, konsep nusantara ini terinspirasi dari nama universitas kebanggaan kami Universitas Dian Nusantara,” ucapnya.

Acara tersebut juga diisi berbagai narasumber praktisi dan akademisi di antaranya, motivator Andi Taletting,  Beauty Expertise Christina Yanlie, Food and Beverages Manager Ario Wibowo dan Praktisi PR Irmulansati. Para narasumber tersebut memberikan materi Profesional Image dan motivasi sehingga para peserta terbentuk manner yang baik secara luar dan dalam.

Irmulansati memberikan materi terkait cara grooming yang benar agar selalu tampil menarik sehingga akan mencerminkan profesionalisme saat bertemu dengan kolega. Kemudian, cara menggunakan media sosial dengan bijak, karena di era digital saat ini, media sosial menjadi pertimbangan perusahaan dalam merekrut calon pegawainya.

Baca juga : TASPEN Siap Tingkatkan Kualitas Layanan Call Center

Jabar menambahkan, pada acara utama, yaitu pelatihan table manner yang diikuti seluruh peserta pelatihan, peserta mendapat penjelasan mengenai berbagai jenis peralatan makan dan penggunaanya, tata cara makan dan minum, dan etika ketika makan dan minum dan mempraktikannya secara langsung. Pelatihan ini akan dibimbing langsung trainer dari pihak hotel.

Penjelasan materi table manner yang disampaikan kemudian dilanjutkan dengan sesi tanya jawab antara peserta dan trainer. Lalu, peragaan busana nusantara yang dibawakan para model dari mahasisiwi Universitas Dian Nusantara memakai kain tenun ikat Jepara dengan motif dari berbagai daerah di Indonesia. Akan kemudian dilanjutkan dengan penampilan tari nusantara modern. Setelah itu, acara dilanjutkan grooming dan beauty education.

"Dengan table manner ini, diharapkan para peserta atau teman-teman dapat belajar langsung dari ahlinya, sehingga dapat diterapkan saat akan berelasi dengan klien atay kolega dalam dunia kerja" pungkas Jabar.■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.