Dark/Light Mode

FKM UI Raih Penghargaan Atas Kontribusi Pada Kedaireka Matching Fund UI-Kemenparekraf 2022

Kamis, 12 Januari 2023 18:04 WIB
Menparekraf Sandiaga Uno menerima penghargaan dari Rektor UI Prof Ari Kuncoro dalam Appreciation Day Kedaireka Matching Fund 2022, di Kampus UI, Rabu (11/1). (Foto: Dok. FKM UI)
Menparekraf Sandiaga Uno menerima penghargaan dari Rektor UI Prof Ari Kuncoro dalam Appreciation Day Kedaireka Matching Fund 2022, di Kampus UI, Rabu (11/1). (Foto: Dok. FKM UI)

RM.id  Rakyat Merdeka - Rabu (11/1), bertempat di Makara Art Center (MAC) Universitas Indonesia (UI), diselenggarakan kegiatan Appreciation Day Kedaireka Matching Fund 2022. Lima puluh orang mahasiswa Fakultas Kesehatan Masyarakat (FKM) UI, alumni, dan dosen meraih penghargaan atas kontribusi mereka dalam program kerja sama UI dengan Kementerian Pariwisata Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) ini.

Tim pengusul yang terdiri dari dosen FKM UI seperti Prof Fatma Lestari,  Hendra, dan dosen Sekolah Ilmu Lingkungan (SIL) Fatmah turut mendapatkan penghargaan yang diserahkan Wakil Rektor Bidang Riset & Inovasi, Nurtami.

Dalam kesempatan itu, hadir juga Dekan FKM UI Prof Mondastri Korib Sudaryo, dan menyerahkan penghargaan kepada 16 fasilitator dan 10 narasumber yang terdiri dari alumni UI dan praktisi dibidang terkait seperti Chef Vindex Valentino Tengker. Adapun penghargaan untuk asisten fasilitator yang memfasilitasi kegiatan identifikasi risiko, CHSE dan kebencanaan di 8 provinsi diserahkan langsung Prof Fatma Lestari.

Baca juga : PT TBP Raih Penghargaan Produktivitas Siddhakarya Dari Pemprov Maluku Utara

Prof Fatma menerangkan, kedaireka merupakan program yang sangat bagus. Program ini mempertemukan UI dengan Kemenparekraf. Program matching fund ini menjadikan hasil/karya-karya FKM UI bermanfaat kepada masyarakat. 

“Salah satu manfaat yang dirasakan para pengelola DeWi (Desa Wisata) dan Dinas Pariwisata adalah meningkatkan kesiapsiagaan para pengelola terhadap kebencanaan. Selain itu juga aspek CHSE diharapkan dapat terus menjaga kebersihan, kesehatan, keselamatan para pengunjung, wisatawan dan juga pekerja di dalam pengelola desa wisata.” ungkap Prof Fatma, yang juga Kepala Disaster Risk Reduction Center (DRRC) UI, dalam keterangan yang diterima redaksi, Kamis (12/1).

Fatma mengharapkan, melalui implementasi program kerja sama ini, dapat mewujudkan Desa Wisata berkelas dunia. Ke depannya, Indonesia diharapkan dapat bersaing di tingkat dunia dan tetap bertahan menjadi the most beautiful country in the world yang telah dinobatkan Forbes.

Baca juga : Indra Karya Sabet 2 Penghargaan Jasa Konstruksi Tahun 2022 Dari Kementerian PUPR

Dalam pelaksanaannya, guru besar FKM UI ini menemukan beberapa kendala seperti koordinasi antar Desa Wisata, Dinas Pariwisata, dan kementerian. Yang tidak kalah seriusnya, program ini juga harus menyelaraskan program Merdeka Belajar/Kampus Merdeka (MBKM) dengan pelaksanaan di lapangan. Beruntungnya, semua kendala tersebut dapat diatasi.

Appreciation Day
Sebagai penutup, program Kedaireka Matching Fund UI-Kemenparekraf 2022 dan penghargaan kepada pihak yang terlibat melalui DRRC, UI menyelenggarakan Appreciation Day. Acara tersebut dihadiri Rektor UI Prof Ari Kuncoro, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno, Plt Dirjen Dikti Kemendikbud, Wakil Rektor Bidang Riset & Inovasi Nurtami, dan Dekan FKM UI Prof Mondastri Korib Sudaryo, serta tim pengusul Kedaireka UI-Kemenparekraf 2022 yang terdiri dari dosen FKM UI, SIL, Program Studi Magister Bencana juga para narasumber, fasilitator, mahasiswa UI dan alumni.

Dalam sambutannya, Ari Kuncoro menyampaikan, pola pertumbuhan ekonomi pascapandemi mulai terkendali. Salah satu penyebab terjadinya hal tersebut adalah sektor transportasi, hotel dan restoran, serta perdagangan dan manufaktur. Terkait pelaksanaan Kedaireka, dia menyampaikan, yang sudah dilakukan UI melalui FKM dan DRRC sangat keren. “Dari sini kita akan menemukan jawaban bagaimana pariwisata dapat menjadi penyangga pascapandemi yang membutuhkan pemulihan,” ucapnya.

Baca juga : Pemerintah Apresiasi Kontribusi HPJI Dalam Pengembangan Jalan

Dalam kesempatan tersebut, Sandi juga mendapat pengharagaan yang diserahkan langsung Ari Kuncoro. Sandi menyatakan, pelatihan CHSE untuk Dewa Wisata harus terus diberikan.

“Kesiapsiagaan ini tentunya harus kita terus tingkatkan. Kolaborasikan dengan UI yang memiliki segudang excellent, best of the best of academic, peneliti bagaimana kita terus meningkatkan resiliensi.” ungkap Sandi.■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.